Dewan Minta Pemerintah Perhatikan Kualitas Air Bersih di Kayan Hilir dan Hulu

  • Whatsapp
Santosa, Ketua Komisi A DPRD Sintang

LensaKalbar – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa mengharapkan pemerintah daerah dapat mengoptimalkan akan kebutuhan air bersih, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di sepanjang kawasan sungai Kecamatan Kayan Hilir dan Kayan Hulu.

Persoalan kebutuhan akan air bersih ini, kata Santosa, menjadi hal utama yang dikeluhkan masyarakat di daerah pemilihannya ketika melakukan reses beberapa waktu lalu.

“Ini keluhan utama yang disampaikan masyarakat kita. Untuk itu, kami minta agar pemerintah daerah dapat memberikan perhatian serius soal kebutuhan akan air bersih ini,” pinta Santosa, baru-baru ini.

Permintaan Santosa ini bukan tanpa alasan, lantaran dari hasil pengamatannya selama mengunjungi konstituennya di 5 desa itu tidak memiliki MCK, bahkan kekurangan air yang layak konsumsi.

“Saat ini, warga hanya memanfaatkan parit atau selokan untuk Buang Air Besar (BAB),” beber Santosa.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengungkapkan masyarakat di Kecamatan Kayan Hilir dan Kayan Hulu terdampak secara merata, khususnya yang tinggal di sepanjang sungai.

“Jadi, semua masyarakat yang tinggal di sepanjang sungai merata terdampak. Karena air sungai yang sangat keruh dan tidak layak buat MCK. Apalagi buat dikonsumsi. Tentunya kondisi ini begitu memprihatinkan sekali,” ucap Santosa.

Olehkarenanya, Legislator DPRD Sintang ini berharap pemerintah daerah memperhatikan kondisi kehidupan masyarakat yang tinggal sepanjang pinggiran sungai Kayan Hilir dan Kayan Hulu ini.

“Kasian masyarakat kita di dua kecamatan ini, apalagi air merupakan kebutuhan yang menjadi sumber kehidupan. Untuk itu, saya harap pemerintah daerah melalui dinas terkait dapat mengambil langkah-langkah konkret, agar masyarakat dapat menikmati air bersih dan layak untuk dikonsumsi,” pungkas Santosa, wakil rakyat dari Dapil Kayan Hilir dan Kayan Hulu ini. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *