Kata Nasdem dan PKB, Pemilih di Sintang Masih “Bingung ” Gunakan Hak Pilihnya

  • Whatsapp
Ilustrasi
banner 468x60

LensaKalbar – Ternyata, sebagian besar pemilih di Kabupaten Sintang masih bingung menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019. Hal tersebut ditemui oleh sejumlah partai politik (Parpol), tatkala melakukan kampanye dan sosialisasi di lapangan.

“Banyak pemilih kita bingung. Karena pemilu kali ini akan mencoblos lima kartu pemilih. Tapi untuk Presiden dan DPD ada gambarnya. Sementara DPRD Provinsi dan Kabupaten hanya nama saja, “ kata Ketua DPD Nasdem Sintang, Herry Syamsudin, ketika ditemui Lensakalbar.com, Jumat (11/1/2019).

Bacaan Lainnya

banner 300250

Olehkarenanya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sintang dinilai harus intens melakukan sosialisasi kepada pemilih. “Ya, paling tidak dari target 77,5% pemilih, harus ada sosialisasi intens dari KPU dan peserta pemilu dalam memanfaatkan hak suara yang mereka miliki,” ujarnya.

Apabila tidak disosialisasikan dengan intens, kata Herry, akan berdampak fatal. Selain bingung, pemilih juga enggan untuk dating ke TPS. Untuk itu, relawan demokrasi (Relasi) diharapkan dapat menjalankan tugas dan fungsinya dalam memberikan pemahaman kepada pemilih pada Pemilu 2019. Tidak hanya mengenai tahapan pemilu saja. Tetapi juga memberikan pemahaman cara memilih.

“Paling tidak pemilih tidak bingung dan enggan untuk datang ke TPS. Tentunya Ini menjadi tantangan bagi Relasi dan KPU sebagai penyelenggara pemilu,” tuturnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPC PKB, M Chomain Wahab menyambut baik rekrutmen 55 orang relawan demokrasi (Relasi) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hanya saja, harus banyak sosialisasi ke masyarakat dalam  menyampaikan tetang pemilu.

“Saya rasa bagus supaya bisa memberikan pengetahuan terhadap informasi seputar pemilu 2019. Sehingga pemilih menjadi paham dengan proses dan tahapan Pemilu 2019,” ujarnya.

Sebab, kata Chomain, pemilu kali ini agak berbeda dengan pemilu sebelumnya. Karena serentak dengan Pilpres.  “Jangan sampai masyarakat hanya fokus pada satu kertas suara saja. Karena kita sudah temui dilapangan sebagian pemilih mengaku bingung dengan cara memilih pada Pemilu 2019 ini,” ungkapnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *