Ingat!!! Relawan Demokrasi Harus Netral dan Independen

  • Whatsapp
Tuah Mangasih

LensaKalbar – Rekrutmen relawan demokrasi (Relasi) yang dilakukan Komisi Pemelihan Umum (KPU) disambut baik Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang.

Diharapkan Relasi dapat bekerja sesuai tugas dan fungsinya dalam memberikan pemahaman kepada para pemilih pada Pemilu 2019.

“Harus netral dan independen serta membantu memberikan pemahaman kepada para pemilih dengan tulus hati,” ujar anggota DPRD Sintang, Tuah Mangasih, kepada Lensakalbar.com, Jumat (11/1/2019).

Dengan adanya Relasi, tambah Tuah, dapat meminimalisir surat suara yang rusak. Akibat pemahaman pemilih yang masih minim tentang tata cara memilih.  Tentunya ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi KPU Sintang dalam mensukseskan Pemilu 2019.

“Saya rasa KPU harus lebih intensif melakukan sosialisasi kepada semua kalangan. Tanpa terkecuali. Sehingga partisipasi pemilih akan semakin meningkat dan surat suara yang rusak akan semakin dapat diminimalisir,” tuturnya.

Langkah KPU tersebut, kata Tuah, merupakan bentuk keseriusannya dalam melaksanakan amanah Undang-undang. Apalagi, KPU merupakan satu-satunya petugas penyelenggara Pemilu di Negeri ini.

Olehkarenanya, 55 orang hasil rekrutmen Relasi nantinya mesti diberikan pembekalan yang  benar-benar mumpuni oleh KPU. “Shingga masa kerja 3 bulan itu bisa benar-benar dapat efektif dalam memberikan pemahaman kepada pemilih pada Pemilu 2019,” katanya.

Selain itu, Tuah mengingatkan, hasil rekrutmen 55 orang Relasi nantinya tidak mengkampanyekan  salah satu  partai politik (Parpol) dan calon anggota legislatif, baik itu DPD, DPRD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan Capres dan Cawapres di Pemilu 2019.

“Jangan sampai mengkampanyekan parpol dan caleg tertentu. Apabila itu dilakukan, maka telah melanggar tugas dan fungsinya sebagai Relasi,” katanya.

Tidak lupa, Tuah juga menyampaikan ucapan selamat bekerja kepada 55 orang Relasi yang terpilih pada proses rekrutmen yang dilakukan oleh KPU Sintang.

“Selamat bekerja para Relawan Demokrasi. Mari bahu membahu kita sukseskan Pemilu 2019 ini, dengan demikian maka akan di dapatkan hasil yang terbaik bagi pembangunan di lima tahun kedepannya,” tutup Tuah Mangasih legislator dapil Sepauk – Tempunak. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *