Jarot Buktikan Membangun dari Pinggiran

  • Whatsapp

LensaKalbar – Membangun daerah dari pinggiran merupakan salah satu dari enam penggerak pembangunan (prime over) Kabupaten Sintang. Salah satu buktinya, pembangunan Kantor Camat Ketungau Tengah yang baru saja diresmikan.

“Dengan kantor baru ini diharapkan menjadi motivasi bagi pegawai kecamatan untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata dr. Jarot Winarno M.Med.Ph, Bupati Sintang usai meresmikan Kantor Camat Ketungau Tengah.

Peresmian Kantor Camat Ketungau Tengah itu ditandai dengan penandatangan prasasti dan pembukaan tirai plang nama di halaman depan kantor camat di daerah pinggiran Kabupaten Sintang ini.

Dalam kesempatan tersebut, Jarot mengatakan, baik Pemerintah Pusat (Pempus), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang bersamasama membangun wilayah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (3T).

“Wilayah 3T seperti Ketungan ini mendapatkan prioritas pembangunan, termasuk pusat-pusat pemerintahan kecamatan seperi di Ketungau Tengah ini,” kata Jarot.

Membangun daerah pinggiran bukan pekerjaan mudah. Tetapi sesulit apapun itu, akan menjadi mudah kalau dikerjakan bersamasama. “Dengan kekompakan antara masyarakat dengan pemerintah,” jelas Jarot.

Masih dalam suasana kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 RI ini, Jarot mengajak semua masyarakat untuk bersatu padu, bersama-sama membangun Kabupaten Sintang. Dia sangat berherap semua warga mendukung pemerintah dalam pembangunan yagn dimulai dari pinggiran ini.

“Dukungan tidak sulit, hanya dengan merawat yang sudah dibangun, kita jaga benar-benar bangunan Kantor Camat yang baru ini,” pesan Jarot.

Di tempat yang sama, Camat Ketungau Tengah, Dakun mengungkapkan, pembangunan gedung baru ini sudah sejak lama diusulkan.

“Ini merupakan mimpi kami untuk memperluas bangunan gedung baru. Dengan ini, dapat memotivitasi pegawai dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Pengelola Perbatasan, Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sintang, Andon menjelaskan, pembangunan Kantor Camat Ketungau ini menggunakan dana tugas pembantuan APBN Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Estimasi biayanya, Rp1,013 Miliar pada Tahun Anggaran (TA) 2017. Tahun depan dianggarkan lagi untuk membangun Aula Kantor Camat Ketungau Tengah.

“Pembangunan gedung Kantor Camat Ketungau Tengah yang baru ini dilaksanakan selama 240 hari, dengan 120 pelaksanaan hari kerja, dan 120 hari pemeliharaan. Gedung ini seluas 300 meter persegi, dengan Panjang 20 meter dan luas 15 meter,” rinci Andon. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *