Lewat GBBD, Pemkab Mempawah Bertekad Membangun dari Pinggiran

  • Whatsapp
Bupati Mempawah, Hj Erlina membuka kegiatan Gema Bina Bangun Desa (GBBD) Tahun 2023 di Kecamatan Segedong, Selasa (1/8/2023).

LensaKalbar – Pemerintah Kabupaten Mempawah bertekad mewujudkan “Nawa Cita Presiden RI”, khususnya pada poin ketiga, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat desa dalam kerangka negara kesatuan.

Karenanya mulai 1 Agustus 2023 ini, pemerintah daerah menggelar kegiatan Gema Bina Bangun Desa (GBBD). Sasaranya 60 desa dari 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Mempawah.

Kegiatan GBBD inipun dimulai di Kecamatan Segedong. “GBBD akan dilaksanakan di 30 lokasi diseluruh wilayah Kabupaten Mempawah. Untuk pembuka pada hari ini dimulai di Kecamatan Segedong dan akan diakhir pertengahan Desember 2023 di Kecamatan Sadaniang,” kata Plt Kepala Dinas Sosial PPPAPMPD, Rohmat Effendy.

Kata Rohmat, GBBD juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, harmonisasi, dan kerjasama yang kuat antar pemerintah daerah hingga pemerintah kecamatan dan pemerintah desa, serta dalam rangka kerterpaduan program kegiatan pembangunan bagi pemerintah desa.

“Tentunya kegiatan ini kami harapkan dapat meminimalisasi munculnya berbagai permasalahan di desa,” tutur Rohmat.

Sementara, Bupati Mempawah, Hj Erlina yang hadir dan membuka langsung kegiatan GBBD secara perdana di Kecamatan Segedong berkata, bahwa GBBD merupakan sarana pertemuan kepala daerah dengan warga. Tujuannya agar mendekatkan para pemimpin yang ada di kabupaten dengan masyarakat desa, serta memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat desa.

“Kami berharap bantuan-bantuan dan pelayanan langsung kepada masyarakat benar-benar bisa dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Bupati Erlina.

Selain itu, lanjut Erlina, kegiatan GBBD dilakukan guna menyerap aspirasi masyarakat dan mengetahui secara langsung apa sebenarnya yang menjadi kendala pada tiap desa, sehingga bisa diprogramkan dalam rencana pembangunan daerah.

“Kami harap tidak ada lagi kesenjangan antara pejabat dan masyarakat desa, karena masyarakat desa kini bisa saling kenal dan bicara langsung, sehingga berbagai usulan dapat kita akomodir untuk diprogramkan, khususnya yang memang menjadi kebutuhan masyarakat,” pungkas Bupati Erlina.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Erlina menyerahkan bantuan secara simbolis Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada perangkat RT dan RW se-Kabupaten Mempawah, penyerahan secara simbolis Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada pekerja rentan, penyerahan secara simbolis bantuan Saprodi kepada kelompok pertanian di wilayah Kecamatan Segedong, dan penyerahan santunan Jaminan Kematian.

Tak hanya itu, Bupati Erlina dan Wabup Pagi juga meninjau pelaksanaan sunatan massal yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Gema Bina Bangun Desa Tahun 2023. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *