Jarot Ajak TP-PKK Bantu Pemerintah dalam Membangun Sintang

  • Whatsapp
Bupati Sintang, Jarot Winarno melantik Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sintang masa bakti 2021-2026 di Pendopo Bupati Sintang, Rabu (30/6/2021)
banner 468x60

LensaKalbar – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sintang masa bakti 2021-2026 resmi dilantik. Pelantikan berlangsung di Pendopo Bupati Sintang, Rabu (30/6/2021).

TP-PKK Kabupaten Sintang yang akan menjalankan tugasnya 5 tahun kedepan ini dilantik oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Dalam sambutannya, Bupati Jarot menyampaikan harapan agar kedepannya TP-PKK mampu menjadi penggerak, pendorong dan motivator dalam mewujudkan program pemerintah. Serta berperan aktif dalam menunjang pergerakan pembangunan daerah. Sekaligus memahami tuntutan dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat agar solusi strategis dapat diambil.

Keberadaan kaum perempuan yang terwadahi dalam organisasi gerak PKK, menurut Jarot memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

“Khususnya untuk perempuan dan anak-anak,” ucapnya.

Kata Jarot, wujud peran strategis gerakan PKK dalam membantu tugas pemerintah dapat terlihat dari 10 program PKK yang sangat sinergi dan selaras dengan program-program yang ingin dilaksanakan pemerintah.

“Dengan adanya keselarasan program-program itu, tentunya Ketua Tim Penggerak PKK dapat menjalankan fungsi dan perannya dengan baik. Serta dapat membangun kemitraan dengan OPD-OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang,” tambahnya.

PKK sendiri menurutnya merupakan gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah. Dengan kaum wanita, khususnya para ibu sebagai penggeraknya. Tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin.

“Keluarga Indonesia memang harus terus dibangun agar menjadi keluarga-keluarga sejahtera. Karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan,” terang Jarot.

Faktor kunci agar TP-PKK mampu melakukan fungsinya secara optimal menurut Jarot, antara lain, perlunya segenap jajaran TP-PKK mengetahui program-program pemerintah. Akan tetapi hal itu bukan berarti TP-PKK hanya mengerjakan program pemerintah saja. Di masa pandemi yang belum usai ini, kader PKK memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam memutus penyebaran Covid-19.

“Tim penggerak PKK harus bisa mengedukasi sekaligus memberikan teladan dalam menerapkan protokol kesehatan dengan 5M. Yakni memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, membatasi mobilitas di tempat umum, dan menghindari kerumunan atau keramaian,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *