Enkulturasi Budaya Sintang Sangat Harmonis

  • Whatsapp
Wakil Bupati Sintang, Askiman Saat Menerima dan Melakukan Pertukaran Cinderamata dari FKUB Surakarta dan FKUB Kabupaten Sintang, Kamis (3/8) di Balai Praja Kompleks Kantor Bupati Sintang.

LensaKalbar – Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman, MM membuka acara silahturahmi antar umat beragama Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Surakarta dan FKUB Kabupaten Sintang, Kamis (3/8), di Balai Praja Kompleks Kantor Bupati  Sintang.

Wakil Bupati Sintang menyampaikan apresiasinya atas kunjungan kerja dari FKUB Surakarta ini terutama karna kunjungan ini menunjukkan Sintang pun layak untuk menjadi tempat belajar. “Selama ini kita yang belajar atau kaji terap ke Jawa. Sekarang sungguh suatu kehormatan rombongan FKUB Surakarta datang kemari,” kata Askiman.

Askiman menyampaikan paparan mengenai situasi keberagaman di Sintang. “Kami cukup dikenal dengan kerukunan antar umat beragama dan berbeda suku, meski Kalbar cukup terkenal dengan zona merah karena sangat rentan konflik berbasis sara,” tuturnya.

Menurut Askiman, saat ini enkulturasi budaya terjadi dengan sangat harmonis. Contoh, masyarakat Dayak bisa bahasa Jawa begitu pula sebaliknya orang Jawa juga bisa berbicara dengan bahasa Dayak.

“Sintang dikenal dengan masyarakat yang sangat heterogen. Dari berbagai sisi baik budaya, agama maupun hal lainnya. Kehidupan masyarakat sintang sangatlah harmonis,” ungkapnya.

“Kami memiliki prinsip Sintang adalah ‘rumah besar’ kita, walau berbeda orang-orangnya namun tetap satu keluarga. Kami memiliki program, my home sebagai forum silahturahmi masyarakat antar kabupaten kawasan timur Kalbar pada akhir tahun ini,”tambahnya.

Askiman mengaku sudah cukup sering ke Solo, melihat berbagai hal, seni dan budaya serta bidang ekonomi. Tetapi, kami merasa perlu belajar terutama dalam aspek pengembangan UMKM. “ Kami sangat kagum dengan pengembangan potensi produk lokal menjadi go internasional seperti di bidang wastra,” katanya.

Sementara, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang, Drs. Budi Harto,M.Si menyampaikan bahwa dalam kunker ini rombongan akan mengunjungi berbagai tempat yang ada di Sintang. “Nanti akan sholat di Masjid Sultan Nata, berkunjung ke Katedral Sintang juga ke tempat ziarah di kawasan Bukit Kelam,” ujarnya.

Sementara, Asisten Pemerintahan Kota Surakarta, sekaligus Plt. Kepala Kesbangpol Surakarta, Drs. H. Said Romadhon, MM mewakili rombongan menyampaikan rasa senangnya karna bisa bersama dengan banyak rekan FKUB dari Surakarta bisa sampai di sintang.

Menuurutnya, peran FKUB  sangat strategis dalam menjaga tali silaturahmi antar umat beragama. Kedatangannya beserta rombongan pun tidak lain untuk mempererat tali silaturahmi antar umat beragama di Kabupaten Sintang. “ Rombongan FKUB Surakarta berjumlah 17 orang. Ada dua orang anggota yang tidak dapat hadir karena usia sepuh (tua),” paparnya.

Said berharap agar anggota FKUB Sintang dapat berkunjung juga ke Solo. “ Kami harap FKUB Sintang juga dapat berkunjung ke Solo,” ungkapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *