Pj Bupati Ismail Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana 2024

  • Whatsapp
Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2024 di Pullman Bandung Grand Central, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/4/2024).

LensaKalbar – Penjabat (Pj) Bupati Mempawah, Ismail menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2024 di Pullman Bandung Grand Central, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/4/2024).

Rapat koordinasi ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin. Tujuannya, dalam rangka penguatan koordinasi dan keterpaduan penelenggaraan penanggulangan bencana.

Acara Rakornas PB Tahun 2024 dihadiri oleh lebih dari 2.000 peserta dan mengangkat tema “Pengembangan Teknologi dan Inovasi dalam Penanggulangan Bencana.”

Pj Bupati Mempawah Ismail berharap dengan rakornas ini dapat menghasilkan rekomendasi yang dapat menjadi pedoman bagi pemerintah dan pemangku kepentingan terkait dalam upaya penanggulangan bencana di Indonesia, khususnya di daerah.

“Pada prinsipnya, Pemkab Mempawah akan terus berupaya untuk meningkatkan inovasi dan teknologi serta sumber daya yang ada dalam rangka manajemen risiko bencana,” kata Pj Bupati Ismail.

Sesuai dengan tema yang diangkat, Rakornas inipun menekankan pentingnya pengembangan teknologi dan inovasi dalam penanggulangan bencana. Hal ini untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penanggulangan bencana.

Olehkarenanya, Wapres meminta kepada seluruh pihak terkait di bidang penanganan bencana untuk mengembangkan industrialisasi penanggulangan kebencanaan dengan penerapan teknologi dan inovasi.

“Manfaatkan perkembangan teknologi dan kecerdasan buatan untuk memantau potensi bencana, mengembangkan sistem peringatan dini, meningkatkan kapasitas mitigasi bencana, serta meminimalisasi risiko bencana,” kata Wapres.

Selain itu, lanjutnya, terus lakukan pemetaan risiko bencana secara tepat dan valid. Integrasikan hasilnya dalam perencanaan dan implementasi terkait penataan ruang, lingkungan hidup, dan sumber daya alam.

“Hal ini menjadi penting untuk mengendalikan risiko bencana yang ada, sekaligus mengurangi timbulnya risiko bencana baru,” pesan Wapres. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *