DPRD Dukung Pemasangan Air Bersih MBR

  • Whatsapp
Kusnadi, Anggota DPRD Sintang

LensaKalbar – Sebanyak 1.500 sambungan air bersih gratis bakal diberikan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Senentang untuk masyarakat di Kabupaten Sintang pada 2023 nanti.

Nantinya sambungan gratis bakal dipasangkan ke rumah-rumah warga. Bantuan ini diperuntukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang tersebar di beberapa desa dan kecamatan di Kabupaten Sintang.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kusnadi menyambut baik program MBR tersebut. Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan layanan air bersih.

Menurut Kusnadi, PDAM berkewajiban untuk menyediakan air bersih bagi warga supaya sehat, kuat dan cerdas. Penggunaan air bersih sangat penting untuk kesehatan.

“Apalagi, air juga sebagai sumber kehidupan,” kata Kusnadi, Rabu (22/6/2022).

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) inipun mengatakan bahwa langkah yang diambil PDAM Tirta Senentang sudah tepat, karena tidak semua masyarakat kita mampu bayar pasang PDAM dalam kondisi saat ini. Apalagi beberapa tahun belakagan ini masyarakat terdampak akibat pandemi Covid-19.

“Beberapa tahun belakangan ini ekonomi masyarakat kita merosot akibat dampak pandemi covid-19. Untuk itu, saya menyambut baik program MBR dari PDAM Tirta Senentang ini karena bantuan sambungan air bersih tersebut sangat diperlukan oleh masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih ditengah keterbatasan ekonomi saat ini,” ungkap Kusnadi.

Olehkarenanya, Kusnadi berharap masyarakat yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan bantuan program MBR PDAM Tirta Senentang ini agar melakukan pendaftaran sesuai yang telah diumumkan syarat dan ketentuannya.

Apabila program MBR PDAM ini telah terealisasi pada 2023, Kusnadi berharap agar masyarakat bisa memanfaatkannya secara efisien untuk kebutuhan sehari-hari.

“Kepada warga penerima hibah sambungan air bersih PDAM ini agar menggunakan air sehemat mungkin untuk keperluan sehari-hari,” harapnya.

“Saya minta jika sudah tersambung nanti agar dijaga dan jangan dirusak karena ini merupakan bagian dari komitmen dan pelayanan pemerintah daerah untuk rakyatnya,” pungkas Kusnadi wakil rakyat Dapil Serawai-Ambalau ini.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Senentang membuka pendaftaran Pemasangan Air PDAM Gratis melalui prgram masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) Tahun 2023. Bagi warga penerima hibah yang memenuhi persyaratan dapat melakukan pendaftaaran di PDAM Trirta Senentang, karena batas akhir pendaftaran ini hanya sampai 22 Juli 2022. (Dex)

Adapun yang menjadi persyaratan yang telah diumumkan PDAM Tirta Senentang, sebagai berikut:

  • Melengkapi Data Administrasi
  • Kategori Penerima sesuai dengan Standar MBR Kementerian PUPR
  • Berada pada wilayah Jaringan Distribusi Bagi (JDB) Perumda Air Minum Tirta Senentang
  • Bersedia membayar Rekening Air Bulanan jika sudah terpasang
  • Bersedia mengikuti semua Aturan & Ketentuan Perumda Air Minum Tirta Senentan

Sementara yang menjadi syarat dan jetentuan yang mesti dilengkapi warga, sebagai berikut:

  1. Fotocopy KTP (2)
  2. Fotocopy KK(2)
  3. Foto Rumah (1) Di Cetak
  4. Map Warna Kuning (2)
  5. Denah Lokasi (1)
  6. No.HP Yang Aktif
  7. Materai 10.000
  8. Surat Pernyataan Kesediaan Memasang SR

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *