Ada Bangunan Masuk Jalur Hijau, Pemkab Sintang Lakukan Penataan Ulang

  • Whatsapp
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus meninjau kawasan pasar di Jalan Patimura, Rabu (3/3/2021)

LensaKalbar – Pemerintah Kabupaten Sintang bakal melakukan penataan ulang di ruas Jalan Patimura. Pasalnya ada beberapa bangunan yang dinilai masuk dalam jalur hijau.

“Kami melihat pembangunan ruko yang sedang berlangsung sudah menyalahi tata ruang yang ada. Ada beberapa titik bangunan, berada di jalur hijau dan itu menyalahi tata ruang kita. Kita ingin penataan kembali bangunan tersebut, sehingga ada ruang lokasi untuk perpakiran dan lainnya,” tegas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus, Rabu (3/3/2021).

Penataan ulang di ruas Jalan Patimura bukan tanpa alasan. Lantaran pemerintah banyak mendapat masukan dan kritik dari masyarakat, terutama soal parkir kendaraan roda dua maupun roda empat di ruas jalan tersebut.

“Pada intinya, kita ingin mengembalikan pada fungsi awal, terutama bangunan pasar yang sedang dibangun. Ada area parkir dan tempat sampah akan kita pertahankan. Contohnya di pasar sayur Junjung Buih lokasi parkir yang digunakan untuk berjualan, akan kita kembalikan fungsinya menjadi tempat parkir lagi,” katanya.

Olehkarenanya, Yustinus berharap kawasan pasar menjadi lokasi yang nyaman untuk masyarakat berkunjung.

“Kalau tata ruangnya betul, maka akan nampak indah dan tertib. Jadi, masyarakat berbelanja, menjadi nyaman, aman, dan bersih. Untuk itu, kami ingin membangun komitmen dengan semua pihak, sehingga apa yang menjadi keinginan kita bersama dapat terwujud,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang, Florensius Kaha menyampaikan bahwa Pemkab Sintang akan mengembalikan fungsi tempat parkir sesuai fungsinya.

“Kalau dulunya ini tempat parkir lalu disalahfungsikan, kita akan kembalikan fungsinya menjadi tempat parkir. Karena kami punya tanggungjawab dalam meningkatkan pendapatan asli daerah, salah satu sumbernya adalah parkir, maka parkir ini akan kita tata dengan baik,” katanya.

Karena itu, Kaha sapaan akrabnya berharap agar semua pihak dapat mendukung upaya pemerntah dalam menciptakan kawasan pasar yang nyaman, indah, bersih, tertib, dan aman.

“Saya harap masyarakat dapat mendukung kebijakan dan upaya Pemkab Sintang dalam menata parkir di kawasan pasar,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *