Gubernur Kalbar Resmikan Asrama Sempanyuk

  • Whatsapp
Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji meresmikan asrama bagi siswa siswi SDN 02 Sempanyuk, Dusun Sempayuk, Desa Belimbing, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang, Minggu (7/7/2019)

LensaKalbar – Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji meresmikan asrama bagi siswa siswi SDN 02 Sempanyuk, Dusun Sempayuk, Desa Belimbing, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang, Minggu (7/7/2019).

Menurutnya, bangunan asrama ini hanya bersifat sementara, sebagai bentuk solusi tercepat untuk membantu para pelajar yang sebelumnya tinggal di gubuk-gubuk atau pondok tak layak huni.

“Asrama ini hanya sementara supaya siswa menjadi nyaman,” ucap Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji usai peresmian asrama bagi siswa siswi SDN 02 Sempanyuk, Dusun Sempayuk, Desa Belimbing, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang.

Bangunan yang kini dialihfungsikan menjadi asrama ini, awalnya merupakan pasar yang dibangun pemerintah pusat. Sudah sekitar enam tahun pasar yang dibangun persis di sisi kiri SDN 02 Sempayuk, Desa Belimbing, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang itu tak dimanfaatkan.

Pengalihfungsian ini, menurutnya tidak masalah, apalagi aset bangunan tersebut sudah diserahkan ke Pemkab Bengkayang. “Nah dari pada jadi bangunan yang tak digunakan. Udah bagus kami jadikan asrama pelajar, kebetulan tempat tinggalnya mencar-mencar (pisah-pisah),” tuturnya.

Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten setempat, menurutnya, sudah berupaya membantu mencarikan solusi. Karena memang kondisi yang ada, rumah para pelajar ini letaknya sangat jauh dari sekolah. Untuk itu mereka perlu asrama atau tempat tinggal sementara yang dekat dengan sekolah.

“Bayangkan ada yang lima jam jalan kaki (ke sekolah), akhirnya orangtua memang sudah kebiasaan membuatkan tempat-tempat (tinggal sementara), supaya mereka bisa tidak usah bolak-balik rumah ke sekolah,” paparnya.

Untuk penamaan Adem yang dipilih sebagai nama asrama tersebut, menurutnya terinspirasi dari jajaran Forkopimda Kalbar. Diantaranya Pandam XII Tanjungpura, Kapolda Kalbar, Danlanud Supadio, Danlantamal serta Kajati Kalbar yang sering berguyon istilah Adem. Yakni angkatan delapan enam. (Nrt/Humpro)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *