Pentingnya Peran Posyandu untuk Tekan Angka Stunting

  • Whatsapp
Workshop Kader Posyandu se-Kabupaten Mempawah di Rumah Dinas Bupati Mempawah, Sabtu (3/2/2024).

LensaKalbar – Setakat ini, Pemerintah Kabupaten Mempawah gencar menekan permasalahan stunting, salah satunya dengan memberikan workshop untuk Kader Posyandu se-Kabupaten Mempawah di Rumah Dinas Bupati Mempawah, Sabtu (3/2/2024).

Bupati Mempawah, Hj Erlina yang hadir pada kegiatan tersebut, mengatakan bahwa sebagaimana diketahui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mulai mengintegrasikan dan merevitalisasi pelayanan kesehatan primer yang bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan primer dengan mendorong peningkatan upaya promotif dan preventif.

Selain itu, kata Bupati Erlina, integrasi ini diselenggarakan dengan mendekatkan pelayanan kesehatan melalui jejaring hingga ke tingkat desa / kelurahan melalui Posyandu, dengan sasaran seluruh siklus hidup sebagai platformnya, serta memperkuat pemantauan wilayah setempat (PWS) melalui pemantauan dengan dashboard situasi kesehatan per desa / kelurahan.

“Posyandu merupakan upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) yang merupakan wadah yang strategis dalam upaya promotif dan preventif dalam penurunan stunting,” kata Bupati Erlina.

Tak hanya itu, kata Bupati Erlina, Transformasi Posyandu melayani 5 siklus kehidupan mulai dari ibu hamil, bayi balita, usia produktif, remaja dan lansia.

“Transformasi pelayanan kesehatan di posyandu saat ini fokus pada 5 langkah, yaitu pendaftaran, penimbangan dan pengukuran, pencatatan, pelayanan kesehatan dan penyuluhan serta validasi dan sinkronisasi data hasil pelayanan,” pungkas Bupati Erlina. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *