Bupati Erlina Hadiri Peringatan Hari Mangrove Sedunia 2022

  • Whatsapp
Bupati Mempawah, Hj Erlina menghadiri  Penanaman Magrove secara vittual dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia Tahun 2022 serta menyambut Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, di Kawasan Pelabuhan Internasional Kijing, Kecamatan Sungai Kunyit, Selasa (26/7/2022).

LensaKalbar – Dalam rangka Hari Mangrove Sedunia Tahun 2022 serta menyambut Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Lantamal XII Pontianak bersama jajaran Forkopimda Mempawah melakukan penanaman Magrove di Kawasan Pelabuhan Internasional Kijing, Kecamatan Sungai Kunyit, Selasa (26/7/2022).

Penanaman bibit mangrove dilaksanakan serentak secara Nasional. Kegiatan Lantamal sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan menjadi salah satu program kerja TNI AL.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten itu, juga dihadiri Bupati Mempawah, Hj Erlina.

Adapun total magrove yang ditanam secara nasional ini sebanyak 1.000.377 di 77 lokasi, termasuk di Kabupaten Mempawah.


Komandan Lantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Suharto mengatakan, dengan kegiatan penanaman mangrove akan terjadi pelestarian terhadap lingkungan maritim ataupun lingkungan pantai, sehingga ekosistem laut terjaga.

“Yang paling penting untuk kita pahami adalah tanggung jawab lingkungan kelautan yang merupakan tanggung jawab bersama, bukan tanggung jawab satu persatu atau instansi-instansi tertentu. Tetapi kelestarian lingkungan di dalam pembangunan berkelanjutan adalah tanggung jawab seluruh masyarakat yang tentunya terwujud dengan kolaborasi bersama,” ujarnya.

Dikatakan bahwa jumlah bibit mangrove yang ditanam sebanyak 15.000 bibit melalui 4 tahap dan akan dimaksimalkan di setiap pantai di Provinsi Kalimantan Barat.

Selain penanaman mangrove, dalam kesempatan terebut juga dilakukan penyerahan bibit mangrove kepada aktivis dan komunitas mangrove serta pelajar. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *