Bangun RTH, Jarot Adopsi Sistem Bapak Angkat

  • Whatsapp
Ilustrasi-Net

LensaKalbar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang berwacana memperbaiki dan membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH). Tetapi, Bupati Sintang, Jarot Winarno lebih memilih opsi dengan sistem ‘Bapak Angkat’ antara pemerintah dengan pihak perusahaan.

“Artinya, pihak perusahaan dengan CSR-nya masing-masing, diharapkan dapat memperbaiki dan membangun RTH di masing-masing wilayahnya,” kata Jarot, kemarin.

Bacaan Lainnya

Dengan sistem ‘Bapak Angkat’ itu, kata Jarot, Pemkab Sintang hanya menyiapkan desain dan perkiraan biaya pembangunan RTH tersebut.

“Desain dan perkiraan biaya kita siapkan. Tetapi untuk membangunnya akan kita kirim penawaran kepada pihak perusahaan untuk membangunnya,” ungkap Jarot.

Untuk di dalam Kota Sintang sendiri, menurut Jarot, sudah ada beberapa RTH seperti Taman Entuyut, Hutan Wisata, Taman Bungur dan lainnya. Tetapi masih perlu perbaikan, agar tampil menarik, nyaman dan indah untuk dilihat.

“RTH penting dibangun, sebab banyak manfaatnya seperti, sarana mencerminkan identitas daerah, sarana rekreasi aktif dan pasif serta interaksi sosial, meningkatkan nilai ekonomi lahan perkotaan, sarana aktivitas sosial bagi anak-anak, remaja, dewasa dan manula,” ulas Jarot. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *