HKN 2022, Momentum Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

  • Whatsapp
Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi didampingi Sekda Mempawah, H Ismail ketika menhadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2022 di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Rabu (9/11/2022).

LensaKalbar – Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Berkaitan dengan pandemi Covid-19, HKN kali ini menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan.

HKN tahun ini mengusung tema ‘Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku’.

Kepala Dinas Kesehatan dan PPKB Mempawah, Jamiril mengatakan HKN kali ini merupakan HKN yang ke-58. Arahnya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia, khususnya Kabupaten Mempawah mengenai kesehatan.

“Ini adalah HKN ke-58 yang jatuh pada tanggal 12 November nanti. Momentum ini dapat dijadikan upaya untuk mewujudkan sistem kesehatan Nasional yang lebih kuat dan mampu menghadapi goncangan seperti pandemi yang baru dilalui,” ungkap Kadis Kesehatan dan PPKB Mempawah ketika menggelar rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Rabu (9/11/2022).

Saat ini, kata Jamiril, adalah yang paling tepat melakukan reformasi atau perubahan-perubahan. HKN ke-58 menjadi peluang dalam mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih prima, lebih luas jangkauannya dan juga lebih cepat dalam memberikan layanan masyarakat.

Hal itu dapat dieujudkan melalui transformasi kesehatan dengan 6 pilar antara lain transformasi Layanan Kesehatan Primer, transformasi Layanan Rujukan, tansformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, transformasi SDM Kesehatan, dan transformasi Teknologi Kesehatan.

Olehkarenanya, Jamiril berharap di masa transisi pandemi ke endemi ini agar masyarakat untuk tidak lengah, seluruh elemen dapat berperan serta dalam upaya menjaga kesehatan.

“Mari memprioritaskan promotif dan preventif, serta galakkan perilaku hidup bersih dan sehat,” ajak Jamiril.

“Intinya kita ingin masyarakat hidup sehat, dan kita ingin mengubah dari kuratif jadi promotif preventif,” pungkas Jamiril menambahkan.

Peringatan HKN 2022 tahun ini digelar berbagai kegiatan, seperti donor darah, pemeriksaan kesehatan, pelayanan poli gigi, dan senam bersama. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *