Wabup Pagi Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-77 TNi AL

  • Whatsapp
Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 TNI AL, Senin (12/9/2022).

LensaKalbar – Upacara peringatan HUT ke l-77 TNI Angkatan Laut digelar di Dermaga Satrol Lantamal XII Pontianak, Senin (12/9/2022).

HUT ke-77 TNI AL juga dihadiri oleh Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalbar, Harrison, dan Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Komandan Lantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Suharto.

Dalam amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono yang dibacakan Komadan Lantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Suharto, menekankan bahwa sebagai negara maritim, laut akan selalu menjadi urat nadi bangsa Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan jaminan keamanan dari TNI Angkatan Laut.

Di masa damai, kekuatan TNI Angkatan Laut difokuskan untuk mencegah terjadinya kegiatan ilegal di daerah perbatasan laut dan untuk menjaga kedaulatan negara.

“Agar tugas itu dapat terlaksana dengan baik, diperlukan sumber daya mumpuni yang didukung fasilitas serta kesejahteraan yang memadai,” ucapnya.

Laksamana Pertama TNI Suharto mengungkapkan, torehan tinta emas pengabdian sebagai fakta sejarah TNI AL tanpa pamrih dalam setiap palagan dan bertekad menuju kejayaan maritim yang merupakan urat nadi bangsa Indonesia.

“Untuk itu, diperlukan jaminan keamanan pada jalur laut, jaminan atas terbukanya askes yang sama pada sumber daya dan semua yang membutuhkan kekuatan TNI AL yang memiliki daya gentar, daya manuver, daya pukul tinggi serta jangkauan operasional yang mencakup seluruh wilayah yurisdiksi Indonesia dalam menunjang keberhasilan pembangunan sektor kelautan nasional,” tuturnya.

Modernisasi disegala bidang, kata dia, merupakan respon TNI AL terhadap setiap tantangan yang semakin komplek, dengan sumber daya yang menguasai Iptek, berbudi pekerti luhur dan berkarakter kuat.

Sehingga, lanjut dia, menjadikan prajurit yang berani berinovasi untuk melakukan perubahan kearah lebih baik, terlatih, terdidik serta paham akan jati diri sebagai tentara profesional.

“TNI AL yang profesional modern dan tangguh siap mendukung Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat, jayalah selalu TNI AL,” pungkasnya.

Usai mengukuti upacara, Wabu Pagi bersama tamu undangan lainnya menghadiri acara Ramah Tamah di Aula Mako Lantamal XII Pontianak. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *