Pulihkan Ekonomi dengan Tingkatkan Program Pemberdayaan Masyarakat

  • Whatsapp
Agustinus Aci

LensaKalbar – Program pemberdayaan masyarakat, mempunyai peranan sangat besar dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat desa.

Karena itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten meminta kepada pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat melalu pemerintah desa (Pemdes) agar dapat memaksimalkan program pemberdayaan masyarakat tersebut.

“Program pemberdayaan masyarakat dapat dimaksimalkan. Tentunya program tersebut disertai pembinaannya. Pemberdayaan masyarakat ini tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang saja, tetapi pihak investor juga harus maksimal dalam memberikan program pemberdayaan masyarakat,” kata Agustinus Aci, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senin (11/7/2022).

Sektor pemberdayaan masyarakat yang dimaksud oleh politisi Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini, bisa dilakukan pada perikanan, peternakan, pertanian, perkebunan, perindustrian, perdagangan, pariwisata, olahraga, dan sektor lainnya.

Ihwal ini juga, lanjut Agustinus Aci, sebagai langkah dan upaya pemulihan ekomoni, karena virus Covid-19 yang mengancam kesehatan dan keselamatan masyarakat ini belum berakhir, meskipun situasi dan kondisinya mulai melandai.

“Program pemberdayaan masyarakat kami nilai positif bagi masyarakat dalam menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Tentunya masyarakat juga dapat menciptakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang mampu menciptakan lapangan kerja baru dan memberi manfaat bagi masyarakat di kabupaten ini, sehingga upaya pemerintah dalam melakukan pemulihan ekonomi masyarakat pasca dampak covid-19 terbantu,” ulas Agustinus Aci.

Kata Agustinus Aci, tujuan program pemberdayaan masyarakat desa adalah mempercepat penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan ekonomi masyarakat.

“Karenanya program-program pemberdayaan masyarakat harus penting untuk ditingkatkan lagi. Dan ini harus didukung oleh semua pihak, termasuk investor yang beroperasional di Bumi Senentang ini,” pungkas Agustinus Aci, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Tempunak ini. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *