Bupati Erlina: IBI Punya Peran Penting Turunkan Stunting

  • Whatsapp
Bupati Mempawah, Hj Erlina menghadiri peringatan HUT IBI ke-71 di Gedung Mempawah Convention Center (MCC), Sabtu (27/8/2022).

LensaKalbar – Bupati Mempawah, Hj Erlina menghadiri kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 71, di Gedung Mempawah Convention Center (MCC), Sabtu (27/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Erlina mengatakan bahwa IBI memiliki peranan penting dalam penurunan angka Stunting.

“IBI sangat berperan penting dalam mengatasi persoalan stunting dan pelayanan kesehatan lainnya,” kata Bupati Erlina.

Bupati Erlina juga tak lupa menyampaikan ucapan selamat kepada IBI yang sudah berusia 71 tahun. “Atas nama Pemkab Mempawah saya mengucapkan selamat ulang tahun untuk IBI yang berusia 71 tahun saat ini,” ucap Bupati Erlina.

Lanjut Bupati Erlina menilai IBI memiliki pengaruh di tengah-tengah masyarakat. Dan profesi bidan saat ini sebuah tantangan. Terutama dalam menjaga dan menciptakan generasi bangsa yang sehat.

“Profesi bidan adalah sebuah tantangan dan IBI sangat punya pengaruh di tengah-tengah masyarakat khususnya di bidang kesehatan,” tuturnya.

Selain itu, Bupati Erlina pun meminta IBI agar terus melakukan pembenahan ke depannya. “Kontribusi dari IBI baik itu berupa pemikiran, tentu sangat diharapkan oleh Pemda dalam hal meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Bupati Erlina juga mengingatkan bahwa IBI turut berperan mengurangi angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB).

“Jumlah AKI dan AKB masih tergolong tinggi,” kata Bupati Erlina.

Berdasarkan data tahun 2021, ungkap Bupati Erlina, terdapat 17 kasus AKI dan 23 kasus AKB di Kabupaten Mempawah. Karenanya, orang nomor satu di kabupaten yang berjuluk “Bumi Galaherang” ini berharap peran IBI dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama cara mengatasi AKI, AKB, dan stunting.

“Saya harap ibu-ibu yang sedang hamil juga diingatkan dan diberikan edukasi berupa bagaimana pola pelayanan kesehatannya. Hal itu tentu dapat mengurangi AKI, AKB, dan stunting di Mempawah,” pungkas Bupati Erlina.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Kesehatan PPKB ,.Jamiril, Ketua Organisasi Profesi Kabupaten Mempawah, Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Mempawah, dan lainnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *