Gubernur Midji Puji KKR Hilangkan Desa Tertinggal dan Sangat Tertinggal jadi Desa Mandiri

  • Whatsapp

LensaKalbar – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H Sutarmidji mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang berhasil menghilangkan Desa Sangat Tertinggal dan Desa Tertinggal di daerah tersebut.

Dirinya memuji kinerja dan kemajuan pemerintah kabupaten itu sangat singnifikan, dimana Pemerintah Kabupaten Kubu Raya membangun di setiap desa dengan konsep pembangunan Desa Mandiri.

“Saya selaku mewakili Pemerintah Provinsi Kalbar mengucapkan selamat ulang tahun Kubu Raya yang ke 13 Tahun, kemajuan sudah banyak dibuat salah satunya indikator sudah tidak ada lagi Desa Sangat Tertinggal termasuk Desa Tertinggal. Sekarang semuanya menuju konsep Desa Mandiri, saat ini ada 25 Desa Mandiri saya yakin tahun depan bisa tambah antara 30-35 Desa Mandiri,” ungkap Gubernur Kalbar H Sutarmidji usai menjadi Inspektur Upacara HUT Kabupaten Kubu Raya Ke 13 Tahun, Jum’at (17/7/2020).

Lanjutnya, dengan diterapkannya indikator Desa Mandiri oleh Pemerintah Kabupaten Kubu Raya maka dapat meningkatkan indeks roda ekonomi, sosial, kesejahteraan dan indek kekuatan lingkunganya bagi masyarakat desa setempat akan tumbuh dari sebelumnya.

“Kenapa kejar Desa Mandiri, karena indikator Desa Mandiri adalah 52 Indikator. Kalau indikatornya dipenuhi semua, maka desa itu akan maju cepat dan masyarakatnya bisa hidup sejahtera dan dapat menjawab semua tantangan yang mereka (desa) hadapi kedepannya,” tuturnya.

Meskipun demikian, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji mengakui beratnya geografi yang di hadapi oleh Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam percepatan Desa Mandiri, namun tidak menjadi halangan untuk membangun Desa Mandiri.

“Kubu Raya ini beratnya karena wilayahnya satu dengan lainnya jauh-jauh yang terhubung dengan sungai-sungai, nah kalo buat jembatannya mahal kadang letaknya jauh maka infrastrukturnya harus dibangun. Tapi saya rasa semuanya bisa dibangun, asal konsepnya teratur dan jelas, semuanya bisa,” pungkasnya. (LK1/prokopim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *