Beranda Parlemen Dewan Minta Disdukcapil Sintang Berbenah

Dewan Minta Disdukcapil Sintang Berbenah

Lim Hie Soen, Anggota DPRD Sintang

LensaKalbar – Setakat ini, masih ada keluhan dari masyarakat terkait pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sintang.

Beberapa keluhan masih muncul seperti lambannya pelayanan, pelayanan yang memperlambat persyaratan tertentu, prosedur yang panjang, dan masih ada pungli dan calo.

Atas sejumlah persoalan tersebut, Wakil Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Lim Hie Soen menyebutkan, pelayanan Disdukcapil Sintang perlu dibenahi. Dengan begitu pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan bisa dilaksanakan secara optimal.

“Tentunya, ini perlu dibenahi, kalau bisa sehari kenapa harus memakan waktu yang berhari-hari,” kata Lim Hie Soen ketika ditemui sejumlah awak media di Gedung DPRD Sintang, Rabu (6/7/2022) lalu.

Dari keluhan masyarakat yang pernah diterimanya.Jika ingin mengurus dokumen kependudukan tidak cukup dengan waktu sehari, bahkan sampai berhari-hari. Barulah KTP/KK/KIA, dan lainnya tersebut didapatkan.

“Bayangkan kalau masyarakat di desa pedalaman mengurus Adminduk di Disdukcapil Sintang, berapa biaya yang harus dikeluarkan mereka, tentunya ini harus jadi perhatian serius juga lah dari Disdukcapil. Kalau sampai empat kali, sudah berapa coba biayanya operasional masyarakat yang dikeluarkan. Meskipun pembuatan Adminduk seperti KK/KTP/KIA, dan lainnya ini gratis,” kata Lim Hie Soen

Politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini minta Disdukcapil Sintang mencari solusi dari permasalahan yang dikeluhkan masyarakat dalam pengurusan Adminduk itu.

“Apa penyebab kesalahan dalam pembuatan dokumen kependudukan ini. Apakah Human eror atau kesalahan server. Tentunya ini harus segera disikapi. Kasian masyarakat yang sampai berulang mendatangi Capil hanya untuk mengurus KK dan KTP,” kata Lim Hie Soen.

Olehkarenanya, Lim Hie Soen berharap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sintang dapat berbenah, sehingga masyarakat mendapat pelayanan publik yang cepat, tidak berbelit, dan prima.

“Apakah SDM atau memang peralatan yang membuat kendala. Kalau peralatan yang memang menjadi kendala, maka usulkan untuk pergantian. Jika SDM, maka kita sarankan mencari orang yang tepat untuk ditempatkan di Disdukcapil Sintang,” pungkas Lim Hie Soen, wakil rakyat Dari Dapil Sintang 1 ini. (Dex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here