LensaKalbar – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sintang menyediakan sebuah aplikasi membantu melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat selama pandemi virus Corona atau Covid-19.
Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sintang, Agus Supratman mengatakan selama pandemi, pihaknya menyediakan layanan Chika guna membantu melayani para peserta JKN-KIS.
Menurut Agus, Chika sendiri merupakan layanan dalam bentuk chatbot, atau layanan informasi yang secara otomatis direspon oleh sistem. Melalui Chika ini, peserta JKN–KIS dapat mengakses pelayanan untuk cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data fasilitas kesehatan, maupun informasi letak fasilitas kesehatan atau kantor BPJS Kesehatan terdekat melalui media sosial Whatsapp (08118750400), Facebook (BPJSKesehatan) maupun Telegram.
“Jadi, lewat layanan Chika kita bisa mendapatkan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon melalui sistem atau artifical intelligence. Untuk itu, peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat mengajukan informasi dan pengaduan terkait JKN-KIS melalui telepon pintar tanpa harus meninggalkan rumah,” ujar Agus usai menggelar sosialisasi Perpres 64 tahun 2020, Rabu (24/6/2020).
Keunggulan dari layanan Chika, ungkap Agus, adalah dapat melihat profil peserta, jaminan kesehatan, layanan, mengecek kepesertaan dan live chat. Aplikasi ini sebagai bentuk upaya BPJS Kesehatan memutus mata rantai pandemi virus Corona atau Covid-19.
“Layanan ini dapat dilakukan di rumah sehingga tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan, ini sebagai upaya pencegahan penularan virus yang mengancaman kesehatan dan keselamatan masyarakat,” pungkasnya.
Bagus Ismunandar (28) seorang peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) menyatakan manfaat dari layanan Chika ini sangat membantu peserta JKN-KIS dalam kehidupan sehari-hari terlebih di saat penerapan social distancing akibat pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.
“Karena ada imbauan social distancing ini, jadi masyarakat memang sebaiknya tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak. Tapi keperluan tentang BPJS Kesehatan juga sama pentingnya. Saya sempat bingung harus bagaimana mengurusnya, lalu saya diinfokan ada banyak layanan yang bisa diakses tanpa harus ke Kantor Cabang seperti Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dan layanan Chika ini,” ceritanya.
Ketika mendengar inovasi terbaru dari BPJS Kesehatan berupa layanan Chika, Bagus sapaan akrabnya tak menunggu lama untuk menggunakan layanan tersebut untuk menjawab kebutuhannya terkait JKN-KIS. Menurutnya, layanan Chika ini sama bermanfaatnya seperti layanan lainnya dari BPJS Kesehatan yang berfungsi untuk memberikan kemudahan kepada pesertanya.
“Kebetulan saya terdaftar di segmen PPU karena bekerja dan orang tua saya Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa disebut peserta mandiri. Lalu ada layanan Chika ini bisa untuk cek tagihan dan status kepesertaan dan sebagainya, jadi menurut saya melengkapi kemudahan dari inovasi BPJS Kesehatan. Respon botnya juga sangat cepat dan tepat,” jelasnya. (Dex)