Breaking News
light_mode

Dewan Minta Disdukcapil Sintang Berbenah

  • calendar_month Sen, 11 Jul 2022
  • comment 0 komentar

LensaKalbar – Setakat ini, masih ada keluhan dari masyarakat terkait pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sintang.

Beberapa keluhan masih muncul seperti lambannya pelayanan, pelayanan yang memperlambat persyaratan tertentu, prosedur yang panjang, dan masih ada pungli dan calo.

Atas sejumlah persoalan tersebut, Wakil Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Lim Hie Soen menyebutkan, pelayanan Disdukcapil Sintang perlu dibenahi. Dengan begitu pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan bisa dilaksanakan secara optimal.

“Tentunya, ini perlu dibenahi, kalau bisa sehari kenapa harus memakan waktu yang berhari-hari,” kata Lim Hie Soen ketika ditemui sejumlah awak media di Gedung DPRD Sintang, Rabu (6/7/2022) lalu.

Dari keluhan masyarakat yang pernah diterimanya.Jika ingin mengurus dokumen kependudukan tidak cukup dengan waktu sehari, bahkan sampai berhari-hari. Barulah KTP/KK/KIA, dan lainnya tersebut didapatkan.

“Bayangkan kalau masyarakat di desa pedalaman mengurus Adminduk di Disdukcapil Sintang, berapa biaya yang harus dikeluarkan mereka, tentunya ini harus jadi perhatian serius juga lah dari Disdukcapil. Kalau sampai empat kali, sudah berapa coba biayanya operasional masyarakat yang dikeluarkan. Meskipun pembuatan Adminduk seperti KK/KTP/KIA, dan lainnya ini gratis,” kata Lim Hie Soen

Politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini minta Disdukcapil Sintang mencari solusi dari permasalahan yang dikeluhkan masyarakat dalam pengurusan Adminduk itu.

“Apa penyebab kesalahan dalam pembuatan dokumen kependudukan ini. Apakah Human eror atau kesalahan server. Tentunya ini harus segera disikapi. Kasian masyarakat yang sampai berulang mendatangi Capil hanya untuk mengurus KK dan KTP,” kata Lim Hie Soen.

Olehkarenanya, Lim Hie Soen berharap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sintang dapat berbenah, sehingga masyarakat mendapat pelayanan publik yang cepat, tidak berbelit, dan prima.

“Apakah SDM atau memang peralatan yang membuat kendala. Kalau peralatan yang memang menjadi kendala, maka usulkan untuk pergantian. Jika SDM, maka kita sarankan mencari orang yang tepat untuk ditempatkan di Disdukcapil Sintang,” pungkas Lim Hie Soen, wakil rakyat Dari Dapil Sintang 1 ini. (Dex)

  • Penulis: Zainuddin

Komentar (0)

Saat ini belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Rekomendasi Untuk Anda

  • Bantu Kesulitan Rakyat di Tengah Pandemi Covid-19, Korem 121/Abw Bagikan Sembako di Desa Baning

    Bantu Kesulitan Rakyat di Tengah Pandemi Covid-19, Korem 121/Abw Bagikan Sembako di Desa Baning

    • calendar_month Kam, 9 Apr 2020
    • 0Komentar

    LensaKalbar – Korem 121/Abw melakukan aksi galang dana dari seluruh anggotanya untuk membantu warga terdampak virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Sintang. Aksi penggalangan dana yang dilakukan tersebut, sebagai bentuk kepedulian jajaran Korem 121/Abw terhadap wabah Covid-19 yang masih mengancam kesehatan, ekonomi, dan sosial masyarakat. Kamis (9/4/2020), Danrem 121/Abw Brigjen TNI Bambang Trisnohadi memberikan hasil […]

  • Kades Suak Medang Sebut Tower BTS Bakti Mati Total, Masyarakat Andalkan Starlink
    OPD

    Kades Suak Medang Sebut Tower BTS Bakti Mati Total, Masyarakat Andalkan Starlink

    • calendar_month Sel, 15 Okt 2024
    • 0Komentar

    LensaKalbar – Kepala Desa Suak Medang, Kecamatan Ketungau Hulu, Dedi Sumitro menyebut bahwa wilayah yang dipimpinnya ini masih keterbatasan infrastruktur jaringan telekomunikasi. Pasalnya Base Transceiver Station (BTS) Bakti yang dibangun wilayah yang dipimpinnya saat ini tidak menyala. “Untuk jaringan komunikasi kita masih susah ya. Ada kami dapat bantuan BTS bakti, tapi sudah dua bulan terakhir […]

  • Jadilah Pelayan Masyarakat yang Baik

    Jadilah Pelayan Masyarakat yang Baik

    • calendar_month Jum, 3 Mei 2019
    • 0Komentar

    LensaKalbar – Sebanyak 506 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang diambil sumpah dan janjinya sebagai PNS di Pendopo Bupati Sintang, Jumat (3/5/2019). Upacara pengambilan sumpah dan janji PNS itupun dipimpin langsung oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Sintang, Yosepha Hasnah. Dihadapan 506 Pegawai Negeri Sipil (PNS), Yosepha menegaskan kembali bahwa tugas dan fungsinya PNS […]

  • Dua Ruko Hangus Terbakar

    Dua Ruko Hangus Terbakar

    • calendar_month Ming, 7 Nov 2021
    • 0Komentar

    LensaKalbar – Kebakaran menghanguskan dua bangunan rumah toko (ruko) yang terletak di RT 09/RW 03, Simpang 700, Desa Sungai Bundung Laut, Kecamatan Sungai Kunyit, Minggu (7/11/2021) sekitar pukul 16.59. BPBD memastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, BPBD Kabupaten Mempawah, Didik Sudarmanto membenarkan, kebakaran tersebut. Didik mengaku mendapatkan laporan kebakaran […]

  • Kesbangpol Gelar Deklarasi Damai Lintas Sektoral
    OPD

    Kesbangpol Gelar Deklarasi Damai Lintas Sektoral

    • calendar_month Sel, 5 Nov 2024
    • 0Komentar

    LensaKalbar – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sintang menggelar Deklarasi Damai Lintas Sektoral dalam rangka mewujudkan sukses Pilkada berintegritas Kabupaten Sintang Tahun 2024 di Pendopo Bupati Sintang, Selasa (5/11/2024). Hadir pada Deklarasi tersebut Bupati Sintang, Jarot Winarno, Forkopimda, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sintang, Partai Politik, Camat, Kapolsek, Danramil dan organisasi masyarakat. […]

  • Fasilitas Kesehatan Minim, Dewan Sarankan Pemkab Sintang Tak Lagi Bangun Puskesmas Baru

    Fasilitas Kesehatan Minim, Dewan Sarankan Pemkab Sintang Tak Lagi Bangun Puskesmas Baru

    • calendar_month Sab, 18 Mei 2019
    • 0Komentar

    LensaKalbar – Pemerintah Kabupaten Sintang disarankan agar tidak lagi membangun gedung baru untuk Puskesmas. Sebaiknya memikirkan program yang dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sebab, masih banyak keluhan masyarakat terkait pelayanan kesehatan dan minimnya fasilitas kesehatan. “Kita minta supaya pemerintah lebih lagi meningkatkan pelayanannya ketimbang membangun gedung baru,” tegas Anggota DPRD Sintang, Heri Jamri, Jumat […]

expand_less