Optimalkan Penyerapan Anggaran

  • Whatsapp
Heri Jambri, Wakil Ketua DPRD Sintang

LensaKalbar – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri mengingatkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk mempercepat penyerapan anggaran.

Tujuannya, adalah untuk memastikan bahwa alokasi anggaran yang telah disiapkan dapat dimanfaatkan secara optimal sebelum tahun berakhir.

“Kalau kita lihat ya, sampai hari ini masih banyak OPD belum mencapai target penyerapan anggaran yang telah ditetapkan. Kecepatan penyerapan anggaran yang lambat berpotensi menimbulkan dampak negatif, seperti pembengkakan biaya proyek, pemborosan anggaran, dan penundaan dalam penyelesaian proyek-proyek penting yang telah direncanakan,” ungkap Heri Jambri ketika ditemui di Gedung Parlemen Sintang, belum lama ini.

Olehkarenanya, Heri Jambri mengaku prihatin mengenai kelambatan dalam proses penyerapan anggaran pada tiap OPD.

“Kami berharap OPD dapat lebih proaktif dalam mengelola anggaran dan memastikan bahwa setiap rupiah yang telah dialokasikan digunakan untuk kepentingan masyarakat semaksimal mungkin,” kata Heri Jambri.

Ke depannya, kata Heri Jambri, perlu adanya pengawasan ketat terhadap proses penyerapan anggaran..

“Sehingga tidak terjadi penyalahgunaan anggaran yang merugikan masyarakat,” tegas Heri Jambri.

Selain itu, Heri Jambri mendorong agar tiap OPD untuk melakukan evaluasi mendalam terhadap kendala-kendala yang menghambat penyerapan anggaran.

“Tentunya, evaluasi ini mencakup peningkatan kualitas perencanaan, koordinasi yang lebih baik antara OPD, pihak ketiga, dan DPRD dalam pelaksanaan proyek, serta pemantauan yang lebih ketat terhadap kinerja OPD dalam pengelolaan anggaran,” pungkas Heri Jambri. (LK1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *