Wagub: Duta Genre Harus jadi Role Model Pencegahan Stunting

  • Whatsapp
Malam Puncak Apresiasi Duta Genre Kalimantan Barat Tahun 2023 di Hotel Aston Pontianak, Senin (24/7/2023).

LensaKalbar – Bupati Mempawah, Hj Erlina menghadiri Malam Puncak Apresiasi Duta Genre Kalimantan Barat Tahun 2023 di Hotel Aston Pontianak, Senin (24/7/2023).

Kegiatan tersebut, dibuka Wakil Gubernur Kalbar, H Ria Norsan dan dihadiri bupati/ walikota serta Ketua TP PKK se- Kalbar.

Pada kesempatan tersebut, Wagub Ria Norsan minta para Duta Genre untuk dapat menjadi role model dan mensosialisasikan kepada masyarakat, khususnya generasi muda untuk tidak menikah muda.

“Hasil pendataan keluarga Tahun 2022 ada 35 dari 1000 perempuan pada rentang usia 15 sampai 19 tahun yang melahirkan anak pertama, tentu saja generasi tersebut sangat rentan terhadap stunting, karena organ reproduksi ibu muda ini belum siap,” kata Wagub Ria Norsan.

Wagub Ria Norsan berpendapat bahwa risiko stunting akan sangat menghambat peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kalbar. Karenanya, dia berharap generasi muda dapat menjadi agen perubahan dan membantu lingkungan sekitar ke arah yang lebih baik.

“Melalui program Genre, saya minta serukan untuk tidak menikah muda, tidak melakukan seks bebas, tidak menggunakan narkoba, dan berkolaborasi bersama untuk mencegah stunting dari remaja,” tuturnya.

Sementara Bupati Mempawah, Hj Erlina juga berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Mempawah untuk melakukan rencana, menciptakan generasi muda yang unggul, yang mumpuni sehingga memiliki kehidupan lebih baik.

Sebab, lanjut Bupati Erlina, bahwa risiko stunting dapat menjadi momok terbesar dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, dia mendukung penuh program- program kolaboratif yang dapat dilakukan bersama pemerintah daerah dalam mencegah stunting dan pernikahan dini. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *