Mempawah Komitmen Jalankan Inpres RDTR

  • Whatsapp
Rapat Persiapan Kegiatan Bantuan Teknis Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) melalui Anggaran Belanja Tambahan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (ABT BA BUN) Tahun 2023 di The Tribrata Darmawangsa Jakarta, Senin (27/3/2023).

LensaKalbar – Bupati Mempawah, Hj Erlina didampingi Sekda Mempawah, Ismail menghadiri Rapat Persiapan Kegiatan Bantuan Teknis Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) melalui Anggaran Belanja Tambahan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (ABT BA BUN) Tahun 2023 di The Tribrata Darmawangsa Jakarta, Senin (27/4/2023).

Kegiatan yang digelar oleh Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), bertujuan sebagai wadah koordinasi dan memastikan komitmen pemerintah Kabupaten/Kota dalam mendukung kegiatan bantuan teknis penyusunan RDTR.

Direktur Jenderal (Dirjen) Tata Ruang, Gabriel Triwibawa menyampaikan, percepatan penerbitan RDTR merupakan Instruksi Presiden (Inpres) untuk menggiatkan investasi di berbagai daerah Indonesia.

Untuk mewujudkan iklim investasi tersebut, kata dia, instrumen yang dibutuhkan salah satunya adalah RDTR.

“RDTR dibutuhkan sebagai acuan penerbitan Konfirmasi Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), yang akan digunakan sebagai acuan pemberian izin pemanfaatan ruangnya,” jelasnya.

Karenanya, Gabriel minta pemerintah daerah untuk segera membentuk RDTR yang terintegrasi dengan aplikasi Online Single Submission (OSS). Tujuannya agar pengajuan perizinan berusaha yang masuk bisa diterbitkan KKPRnya by sistem dalam waktu satu hari kerja.

“Kegiatan ini merupakan tahap awal fase perencanaan anggaran, untuk menyusun alokasi penyelenggaraan RDTR melalui Anggaran Belanja Tambahan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (ABT BA BUN) Tahun 2023,” ungkapnya menjelaskan.

Bupati Mempawah, Hj Erlina yang hadir pada kegiatan tersebut, menyambut baik atas terlaksananya kegiatan ini. Dirinya berharap percepatan penerbitan RDTR dapat menarik investor untuk berinvestasi di Kabupaten Mempawah, terlebih dengan adanya Pelabuhan Kijing dan Kawasan Ekonomi Khusus di Kecamatan Sungai Kunyit.

Selain itu, Bupati Erlina juga bersyukur karena Kabupaten Mempawah menjadi salah satu kabupaten/kota di Indonesia yang mendapat bantuan ABT ini.

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kementerian ATR/BPN yang telah mempercayai kami untuk bisa mengelola ABT ini. Pemkab Mempawah berkomitmen akan menjalankan instruksi Presiden sehingga apa yang dicita-citakan dapat terwujud,” pungkas Bupati Erlina. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *