Sekda Yosepha Sarankan Kades dan BPD Usulkan 5 atau 6 Prioritas Pembangunan pada Musrenbang

  • Whatsapp
Sekda Sintang, Yosepha Hasnah memberikan pengarahan pada kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sungai Tebelian di Gedung Serba Guna Kecamatan Sungai Tebelian, Rabu (8/2/2023).

LensaKalbar – Sekretaris Daerah (Sekda) Sintang, Yosepha Hasnah menyarankan agar tiap desa di Kecamatan Sungai Tebelian untuk mengusulkan 5 atau 6 skala prioritas pembangunan untuk masyarakat desanya masing-masing.

“Usulkan saja 5 atau 6 skala prioritas pembangunan yang sangat dibutuhkan masyarakat desa, sehingga ke depannya tiap desa bisa naik status menjadi desa mandiri,” ujar Sekda Yosepha menyarankan ketika memberikan pengarahan pada kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sungai Tebelian di Gedung Serba Guna Kecamatan Sungai Tebelian, Rabu (8/2/2023).

Selain itu, Sekda Yosepha mengingatkan pada tiap kepala desa (Kades) dan BPD agar mengusulkan kegiatan yang betul-betul menyentuh kebutuhan dan pelayanan dasar masyarakat.

“Sehingga output-nya dapat mendongkrak status desa. Apalagi, kita sekarang sudah menggunakan SIPD, maka usulan-usulan itu akan dimasukan ke dalam SIPD. Tanpa ada di SIPD, usulan kegiatan tidak bisa di akomodir. Mungkin dulu masyarakat pernah berpikir akan percuma melaksanakan musrenbang. Sekaran sudah berubah, musrenbang penting sekali,” ujar Sekda Yoeepha mengingatkan.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Yosepha mengatakan bahwa APBD Kabupaten Sintang mengalami refocusing selama tiga tahun. Halnitu disebabkan oleh pandemi Covid-19.

“APBD tahun 2020, 2021, 2022 kita mengalami refocusing anggran. Dampaknya banyak kegiatan yang tidak bisa kita laksanakan. Tapi di tahun 2023 sudah normal kembali, begitu juga tahun depan 2024,” pungkas Sekda Yosepha.

Camat Sungai Tebelian, Karjito mengungkapkan bahwa Kecamatan Sungai Tebelian memiliki 26 desa, 73 dusun, 262 RT dan 89 RW dengan jumlah penduduk 36. 638 jiwa.

“Masyarakat kami mayoritas bertani dan berwirausaha. Potensi unggulan Kecamatan Sungai Tebelian adalah pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Jadi, pembangunan sangat kami butuhkan untuk mencapai kemajuan eknomi dan kesejahteraan masyarakat desa,” pungkas Karjito. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *