Wagub, Bupati Erlina, Moeldoko dan Erick Tohir Buka Festival Cap Go Meh Singkawang

  • Whatsapp
Pembukaan Festival Cap Go Meh Tahun 2023 di Kota Singkawang, Minggu (5/2/2023).

LensaKalbar – Bupati Mempawah, Hj Erlina bersama Wakil Gubernur Kalbar, H Ria Norsan mendampingi Kepala Staf Kepresidenan RI Jenderal (Purn) TNI Moeldoko dan Menteri BUMN Erick Tohir menghadiri pembukaan Festival Cap Go Meh Tahun 2023 di Panggung Kehormatan Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Singkawang, Minggu (5/2/2023).

Pembukaan Festival Cap Go Meh Tahun 2023 tersebut ditandai dengan pemukulan bedug sebagai tanda dibukanya event warisan budaya tak benda ini.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Erlina mengucapkan selamat sekaligus memberikan apresiasi atas terselenggaranya Festival Cap Go Meh Tahun 2023.

“Kurang lebih 2 tahun kita tidak menggelar event besar karena covid-19. Nah, tahun ini dan hari ini kita bisa melihat pelaksanaan Festival Cap Go Meh dapat terlaksana dengan sukses dan meriah,” ujar Bupati Erlina.

“Selamat atas terselenggaranya Cap Go Meh Tahun 2023 di Singkawang,” ucap Bupati Erlina menambahkan.

Bupati Erlina turut senang dapat menyaksikan secara langsung parade festival yang diawali marching band pada barisan depan, diikuti replika sembilan naga, dan barongsai melintasi panggung kehormatan. Dan ditampilkan juga iring-iringan tatung yang menampilkan atraksi kekebalan tubuh.

Sementara itu pada sambutannya, Kepala Staf Kepresidenan RI Jenderal (Purn) TNI Moeldoko menyebut, perayaan Festival Cap Go Meh di Singkawang sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda. Tentunya ini merupakan wujud perhatian pemerintah dalam melestarikan budaya Cap Go Meh.

“Ke depan, Festival Cap Go Meh harus menjadi pusat perhatian dunia Internasional,” ujarnya.

Mantan Panglima TNI tersebut juga berpesan agar perayaan Cap Go Meh bisa menjadi momentum untuk memperkuat soliditas dan solidaritas nasional, demi mewujudkan Indonesia Emas pada 2045.

Karenanya, dia mengajak semua pihak menjaga dan merawat kerukunan serta keberagaman dan toleransi untuk membangun Singkawang ke depannya ke arah lebih baik lagi.

Turut hadir jajaran Forkopimda Provinsi Kalbar, forkopimda Kota Singkawang serta tamu undangan lainnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *