Jadilah Pelajar yang Cerdas Bermedsos

  • Whatsapp
Wakil Bupati Sintang, Melkianus ketika memberikan motivasi kepada pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sintang, Selasa (17/1/2023).

LensaKalbar – Wakil Bupati Sintang, Melkianus berpesan kepada para pelajar Kabupaten Sintang untuk bijak dalam bermedia sosial. Mengingat potensi dan produksi berita bohong atau hoaks saat ini begitu tinggi.

“Jadilah pelajar yang cerdas bermedia sosial,” pesan Wabup Melkianus ketika memberikan motivasi kepada pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sintang, Selasa (17/1/2023).

Menurut Wabup Melkianus, di era modern ini, rerata pelajar sudah menggunakan smartphone untuk mendukung proses pembelajaran. Karena itu, dirinya berharap pelajar dapat memanfaatkannya dengan baik. Bila salah dalam pemanfaatannya, maka akan berdampak besar.

“Artinya, kalian semua harus mampu memanfaatkan dan menggunakan media sosial dengan baik dan benar. Ingat!, jangan gunakan media sosial dengan salah,” pinta Wabup Melkianus.

Di masa sekarang ini, kata Wabup Melkianus, produksi berita bohong atau hoaks banyak beredar, diharapkan para pelajar dapat memfilternya. Salah satu cara yang dapat dilakukan pelajar adalah dengan meningkat literasi media, yakni kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media.

“Jadi, kalau menerima atau mendapatkan suatu informasi di media sosial harus selektif dan dicermati dulu sumber dan kebenarannya. Utamakan saring terlebih dahulu sebelum sharing,” tegas Wabup Melkianus.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Melkianus juga mengingatkan kepada para tenaga pendidik atau guru untuk memberikan pemahaman dampak dan akibat bila salah dalam bermedia sosial.

“Berikan pemahaman para pelajar kita untuk menghindari ujaran kebencian, hoaks, ataupun yang mengandung berbagai isu SARA,” pungkas Wabup Melkianus mengingatkan. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *