Expo Pendidikan Mudahkan Masyarakat Pedalaman Akses Informasi Perguruan Tinggi

  • Whatsapp
Expo Pendidikan SMA Panca Setya

LensaKalbar – Sekolah Menengah Atas (SMA) Panca Setya menggelar “Expo Pendidikan” ke-14 di Balai Kenyalang selama dua hari, yakni pada tanggal 16-17 Januari 2023.

Expo pendidikan ini bertujuan untuk mempermudah orang tua siswa-siswsi memperoleh informasi terkait perguruan tinggi bagi anak-anaknya. Mengingat para pelajar rerata berasal dari wilayah pedalaman.

Nah, dengan adanya Expo Pendidikan ini, maka akan mempermudah orang tua mendapatkan informasi perguruan tinggi,” ungkap Pastor Leonardus Miau, Pr, Ketua Yayasan Sukma Keuskupan Sintang, Senin (16/1/2023).

Dulu, kata Pastor Leonardus Miau, Pr, para orang tua siswa kesulitan untuk mendapatkan informasi terkait perguruan tinggi. “Saat itu, anak-anak harus ke Jawa hanya untuk mendaftar, itupun belum tentu lulus. Maka kami berusaha menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, waktu itu hanya 8 perguruan tinggi, di Pontianak dan Jawa. Kami berusaha menjadi jembatan kepentingan orang tua murid dengan perguruan tinggi,” katanya.

“Kala itu akses informasi belum semudah sekarang ini. Perlu tatap muka untuk mendapatkan informasi perguruan tinggi. Maka kami melaksanakan Expo Pendidikan di SMA Swasta Panca Setya. Dan bisa berlangsung baik dan bermanfaat bagi orang tua dan pelajar yang mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sehingga Expo Pendidikan ini bisa terus berlangsung dan sampai saat ini sudah 14 kali berlangsung,” ujar Pastor Leonardus Miau, Pr menambahkan.

Expo Pendidikan ini, menurutnya, mendapatkan respon yang baik dari perguruan tinggi di Pontianak dan Jawa, sehingga peserta semakin banyak yang mau ikut di Ekspo Pendidikan ini.

“Kami berterima kasih atas kehadiran perguruan tinggi dan lembaga pada kegiatan ini. Kami berharap perguruan tingginya semakin dikenal dan diminati oleh pelajar,” katanya.

Pada kegiatam Expo Pendidikan ini, ungkap Pastor Leonardus Miau, Pr, ada 19 perguruan tinggi yang ikut berpartisipasi. Karena itu, dirinya berharap orang tua dan siswa-siswi SMA Panca Setya Sintang dan masyarakat Kabupaten Sintang dapat memanfaatkan Expo Pendidikan ini sebagai wadah untuk mencari informasi pendidikan bagi anak-anaknya.

“Kami persilakan untuk datang ke Gedung Balai Kenyalang ini untuk berkonsultasi dan bertanya kepada perwakilan perguruan tinggi yang hadir saat ini,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *