Bappeda Nilai Relokasi Terminal Sungai Durian Langkah Tepat

  • Whatsapp
Kepala Bappeda Sintang, Kartiyus ketika menghadiri Rapat Sinkronisasi Perencanaan OPD untuk menunjang Waterfront Sungai Durian di Ruang Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Rabu (11/1/2023).

LensaKalbar – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sintang, Kartiyus mendukung rencana pemerintah daerah untuk melakukan relokasi terminal Sungai Durian ke Eks Lapangan Terbang (Lapter) Bandara Susilo Sintang.

Menurut Kartiyus, upayan tersebut merupakan langkah tepat dalam upaya mendukung operasionalnya kawasan waterfront, terutama pada kantong parkir.

“Jadi, dengan dibangunnya kawasan waterfront di Sungai Durian, maka operasionalnya nanti menggunakan sistem dropzone sehingga kantong parkir memang harus luas dan banyak. Nah, Terminal Sungai Durian saat ini menjadi solusi untuk kantong parkir kita,” ujar Kepala Bappeda Sintang, Kartiyus ketika menghadiri Rapat Sinkronisasi Perencanaan OPD untuk menunjang Waterfront Sungai Durian di Ruang Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Rabu (11/1/2023).

Karenanya, Kartiyus minta kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang segera bekerja melakukan kajian serta perencanaan teknis dan anggaran atas rencana pemindahan terminal ini untuk disampaikan kepada Bupati Sintang.

“Karena bapak Bupati ingin rencana relokasi dimulai pada tahun anggaran 2023 ini. Jadi, harus kita perisapkan dengan baik dan matang sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar,” kata Kartiyus.

Dengan dilakukannya relokasi ini, kata Kartiyus, banyak dampak positifnya, terutama akan menghidupkan profesi tukang ojek dan tukang becak di Kota Sintang baik dari terminal maupun lokasi parkir menuju kawasan Waterfront.

“Artinya, terminal sungai durian sudah dipastikan akan dijadikan kantong parkir utama di kawasan sungai durian. Sehingga memang terminal harus dipindahkan atau direlokasi dan lokasi yang tepat adalah eks Bandara Susilo,” pungkas Kartiyus. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *