Tradisi Budaya Robo-Robo Milik Masyarakat Mempawah

  • Whatsapp
Bupati Mempawah, Hj Erlina menghadiri puncak perayaan tradisi budaya Robo-Robo di Pelabuhan Kuala Pasir Wan Salim, Kecamatan Mempawah Timur, Rabu (21/9/2022).

LensaKalbar – Bupati Mempawah, Hj Erlina didampingi Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi menghadiri puncak perayaan tradisi budaya Robo-Robo di Pelabuhan Kuala Pasir Wan Salim, Kecamatan Mempawah Timur, Rabu (21/9/2022).

Perayaan yang berjalan khidmat ini juga dihadiri Sekda Mempawah, H Ismail, Ketua TP PKK Mempawah, Hj Julina, para Kepala OPD, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Mempawah.

Ketua Pantia Robo – Robo Tahun 2022 Mohlis Saka menegaskan bahwa tradisi budaya Robo- Robo merupakan upaya meningkatkan silaturahmi seluruh masyarakat Mempawah.

“Robo- Robo bukanlah milik perorangan, tetapi telah menjadi bagian dari masyarakat Mempawah. Robo – Robo juga sebagai upaya menjaga dan melestarikan budaya leluhur yang telah ada sejak dulu, sehingga dapat terus terjaga hingga generasi muda,” ungkap Mohlis Saka.

Bupati Mempawah Erlina mengatakan kegiatan Robo- Robo merupakan kegiatan yang telah terlaksana sejak dahulu. Karenanya, generasi muda diharapkan dapat menjaga kesakralan tradisi budaya yang telah melekat di Masyarakat Kabupaten Mempawah ini.

Selain itu, Bupati Erlina juga berharap seluruh pihak dapat berkontribusi menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan Robo Robo Tahun 2022.

“Mari kita dukung kelancaran Robo – Robo ini. Jaga kondusifitas dan ketertiban dalam pelaksanaannya,” ujar Bupati Erlina berharap.

Berbagai rangkaian kegiatan yang dibalut pada perayaan tradisi budaya Robo-Robo, diharapkannya dapat memberikan manfaat besar masyarakat serta dapat berjalan lancar dan aman hingga selesai. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *