Tekan Stunting dengan Optimalkan Peran Keluarga

  • Whatsapp
Wakil Bupati Sintang, Melkianus ketika menghadiri dan membuka Rapat Koordinator (Rakor) Tim Audit Kasus Stunting Kabupaten Sintang Tahun 2022 di Aula Balai Praja, Kantor Bupati Sintang, Rabu (31/8/2022).

LensaKalbar – Meskipun telah empat kali mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalbar dalam penanganan stunting. Pemerintah Kabupaten Sintang terus bertekad menekan angka stunting atau tumbuh kerdil makin menurun di wilayahnya.

“Sintang sudah 4 kali mendapatkan penghargaan dari Provinsi Kalbar ini, tentunya ini sungguh luar biasa dan harus terus ditingkatkan,” kata Wakil Bupati Sintang, Melkianus ketika menghadiri dan membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Audit Kasus Stunting Kabupaten Sintang Tahun 2022 di Aula Balai Praja, Kantor Bupati Sintang, Rabu (31/8/2022).

Olehkarenanya, Wabup Melkianus mengajak semua pihak berkomitmen dan bersinergi menekan kasus stunting di kabupaten yang berjuluk “Bumi Senentang” ini. Sebab, menurut dia, stunting merupakan kasus gagal pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang terlalu lama serta ditandai dengan pertumbuhan tinggi badan yang lambat.

“Pencegahan stunting tentunya dimulai dari lingkungan keluarga, terutama pada ibu hamil hingga memiliki anak usia 0 hingga 23 bulan. Biasanya, kasus ini berasal dari keluarga kurang mampu, pendidikan orang tua rendah dengan kehidupan lingkungan kurang sehat serta mengkonsumsi air minum yang tidak layak” ungkap Wabup Melkianus.

Menurut Wabup Melkianus, ada langkah-langkah dasar untuk mencegah anak-anak kita dari kasus stunting. Langkah itu meliputi, memenuhi kebutuhan gizi sejak hamil, ASI eksklusif selama 6 bulan, MPASI sehat untuk mendampingi ASI, memantau pertumbuhan anak dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Dengan partisipasi dan kontribusi aktif semua pemangku kepentingan yang ada, saya optimistis, pencegahan stunting di Kabupaten Sijtang tercinta ini dapat dicapai dengan optimal,” pungkas Wabup Melkianus. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *