Polemik Nama Pelabuhan “Kijing” Menjadi “Tanjungpura”, Bupati Erlina Harap Rakyatnya Bersabar

  • Whatsapp

LensaKalbar – Bupati Mempawah, Hj Erlina meminta kepada rakyatnya agar bersabar hingga menerima informasi dari Pemrrintah Pusat (Pempus). Hal ini berkaitan polemik dan isu yang berkembang di tengah masyarakat terkait nama “Pelabuhan Kijing”  berubah menjadi “Pelabuhan Tanjungpura”.

“Kita minta masyarakat bersabar dan menerima apa keputusan dari pemerintah pusat nantinya, terutama soal nama resmi pelabuhan internasional ini,” ujar Bupati Erlina, Senin (8/8/2022).

Menurut Bupati Erlina, Pemerintah Kabupaten Mempawah telah menyampaikan aspirasi masyarakat di kabupaten yang berujuk “Bumi Galaherang” ini kepada pemerintah pusat, terutama soal nama pelabuhan internasional ini. Yang mana, kata dia, merupakan satu di antara proyek strategis nasional (PSN).

“Terakhir kita sampaikan materi kepada Badan Informasi Geospasial di Jakarta, 23 Juni lalu terkait nama rupabumi Pelabuhan Kijing dan hasil FGD dengan berbagai para sesepuh dan tokoh masyarakat di Kabupaten Mempawah,” ungkap Bupati Erlina.

“Intinya kita himbau kepada masyarakat Kabupaten Mempawah untuk menyambut baik peresmian pelabuhan ini,” ajak Bupati Erlina menambahkan.

Kendati demikian, Bupati Erlina berharap masyarakat Kabupaten Mempawah dapat mengambil sisi positif dari hasil pembangunan yang dilakukan pemerintah ini. Sebab, dia menilai dampak dari pembangunan ini begitu besar, terutama pada sektor lapangan kerja.

“Kita tangkap peluang tersebut dan siapkan produk-produk untuk dijual. Dan pelabuhan ini juga nantinya akan butuh tenaga kerja maupun peluang bagi masyarakat untuk berwirausaha seperti rumah makan, laundry, penginapan, dan lainnya,” terang Bupati Erlina.

Olehkarenanya, orang nomor satu di Bumi Galaherang inipun meminta kepada masyarakatnya agar memanfaatkan segala potensi diri maupun sumber daya alam (SDA) yang ada di kabupaten ini.

“Tentunya kita harap agar masyarakat Kabupaten Mempawah maupun Kalimantan Barat dapat merasakan dampak positif dari pembangunan proyek strategis nasional yang ada ini,” katanya.

Selain itu, Bupati Erlina juga mengajak masyarakat agar dapat menyambut kedatangan Presiden RI, Joko Widodo, Selasa (9/8/2022). Lantaran orang nomor satu di Indonesia ini akan meresmikan langsung Pelabuhan Internasional yang dibangun di Kecamagatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah ini.

“Untuk agenda Presiden RI di Kabupaten Mempawah masih sesuai jadwal hanya meresmikan pelabuhan di Mempawah dan belum ada info agenda tambahan,” jelas Bupati Erlina.

“Kita patut bersyukur Presiden Jokowi bisa hadir di Kabupaten Mempawah dan meresmikan langsung Pelabuhan Internasional di kawasan Kijing, Kecamatan Sungaj Kunyit, Kabupaten Mempawah ini,” pungkas Bupati Erlina mengakhiri. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *