2023 Mempawah Terapkan Sistem Elektronik Pengadaan Barang dan Jasa

  • Whatsapp
Bupati Memlawah, Hj Erlina menghadiri dan membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penerapan Bela (Belanja Langsung) Pengadaaan Melalui MbizMarket di Balairung Setia, Kantor Bupati Mempawah, Senin (8/8/2022).

LensaKalbar – Guna mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar Bimbingan Teknis Penerapan Bela (Belanja Langsung) Pengadaaan Melalui MbizMarket di Balairung Setia, Kantor Bupati Mempawah, Senin (8/8/2022).

Bupati Mempawah, Hj Erlina yang membuka langsung kegiatam Bimtek tersebut menjelaskan, bahwa dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah kini telah bertransformasi melalui pengadaan secara elektronik. Hal inipun sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi.

“Jadi, ada pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang salah satu poin amanatnya adalah percepatan proses transformasi dari transaksi secara konvensional menjadi transaksi digital atau online. Dimana, implementasinya kita harapkan paling lambat tahun 2023,” ungkap Bupati Mempawah, Hj Erlina.

Olehkarenanya, Bupati Erlina berharap Bimtek yang digelar selama 5 hari yang dimulai dari tanggal 8 – 12 Agustus 2022 ini, merupakan salah satu komitmen untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas melalui digitalisasi proses pengadaan barang dan jasa.

“Saya minta dan harapkan kepada kepala OPD dan para pengusaha, pelaku UMKM selaku penyedia barang/jasa pemerintah untuk berperan aktif dalam bimtek, sehingga dapat diaplikasikan dan diterapkan pada awal tahun 2023,” tegas Bupati Erlina.

“Saya harap pemangku kepentingan menyadari dan memahami cara menggunakan aplikasi e-purchasing melalui Mbizmarket atau toko daring dan katalog elektronik lokal karena mau tidak mau tahun 2023 pengadaan barang dan jasa menggunakan teknologi dalam transaksi melalui e-tendereing, e-purchasing, e-contrak sehingga semuanya dilakukan secara online, disinilah letak pentingnya penguasaan teknologi,” pungkas Bupati Erlina.

Turut hadir dalam kegiatan Bimtek tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah, HIsmail, Kepala Cabang Bank Kalbar, Mempawah Toni Dermawan, Joko Wardoyo dari PT. Brilliant Ecommerce Berjaya selaku narasumber Bimtek. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *