Kartimia Minta Pemerintah Pantau Kinerja Guru Pedalaman dan Perbatasan

  • Whatsapp
Kartimia Marwani, Anggota DPRD Sintang

LensaKalbar – Dalam rangka menjamin mutu pendidikan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang meminta pemerintah daerah untuk memantau dan  meningkatkan pengawasan terhadap tugas dan tanggung jawab guru yang berada di pedalaman maupun perbatasan, khususnya di Kecamatan Binjai Hulu, Kecamatan Ketungau Hilir, Ketungau Tengah, dan Ketungau Hulu.

Perihal inipun diungkapkan Kartimia Marwani, anggota DPRD Sintang ketika ditemui sejumlah awak media di Gedung Parlemen Sintang, Senin (1/8/2022).

Kartimia Marwani menilai, pengawasan perlu dilakukan untuk mengetahui para tenaga pemdidik atau guru ini sudah menjalankan kewajibannya dengan baik.

“Pemerintah melalui instansi terkait perlu melakukan pengawasan terhadap kinerja para guru yang berada di wilayah pedalaman dan perbatasan ini. Terutama memastikan bahwa tenaga pendidik atau guru telah menjalankan kewajibannya dengan baik,” ujar Srikandi DPRD Sintang ini.

Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini berpendapat, apabila lemahnya pengawasan akan berpengaruh pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) di sektor pendidikan. Peningkatan kualitas SDM khususnya di wilayah pedalaman dan perbatasan sudah menjadi tanggung jawab para tenaga pendidik atau guru, yang tentunya juga tidak lepas dari perhatian pemerintah daerah setempat.

“Maka dari itu sangat diharapkan para guru ini disiplin dalam menjalankan tugasnya untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di daerah masing – masing,” kata Kartimia Marwani berharap.

Legislator DPRD Sintang ini juga menyarankan pemerintah daerah, agar memperhatikan secara serius terkait pemerataan sebaran tenaga pendidik atau guru di kabupaten yang berjuluk “Bumi Senentang” ini. Sebab menurutnya, pemerataan berpengaruh positif bagi pengembangan SDM.

“Tentunya ini harus menjadi perhatian pemerintah, mengingat tenaga pendidik atau guru merupakan salah satu faktor penting dalam upaya mengembangkan SDM berprestasi dan berkualitas di wilayah pedalaman dan perbatasan Sintanf, agar bisa bersaing dengan SDM dari luar daerah lainnya,” pungkas Kartimia Marwani, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Binjai Hulu – Kecamatan Ketungau Hilir – Kecamatan Ketungau Tengah – Kecamatan Ketungau Hulu ini. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *