Bupati Erlina Serahkan Bantuan Keuangan untuk 10 Parpol Mempawah

  • Whatsapp
Bupati Mempawah, Hj Erlina menyerahkan secara simbolis bantuan keuangan untuk 10 partai politik di Aula Balairung Setia, Kantor Bupati Mempawah, Senin (1/8/2022).

LensaKalbar – Bupati Mempawah, Hj Erlina menyerahkan bantuan keuangan/hibah partai politik tahun 2022 di Aula Balirung Setia, Kantor Bupati Mempawah, Senin (1/8/2022).

Bantuan ini merupakan wujud dukungan Pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan politik masyarakat melalui partai politik yang ada di “Bumi Galaherang” ini.

Bantuan keuangan yang dimaksud tersebut merupakan bantuan keuangan partai politik yang mendapat kursi di DPRD Kabupaten Mempawah berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 26 tahun 2022 tentang Bantuan Keuangan Pemerintah Kabupaten Mempawah kepada Partai Politik yang mendapat Kursi di DPRD Kabupaten Mempawah pada Pemilu Tahun 2019.

Karenanya, bantuan inipun diberikan untuk 10 partai politik, di antaranya adalah Partai PKB, Partai Gerindra, Partai PDIP, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai PKS, Partai PPP, Partai PAN, Partai Hanura, dan Partai Demokrat.

Olehkarenanya, Bupati Erlina berharap agar bantuan tersebut dapat digunakan dengan seoptimal dan semaksimal mungkin demi peningkatan kesadaran maupun partisipasi politik warga masyarakat di kabupaten ini.

Walau demikian, Bupati Erlina mengingatkan, bahwa bantuan keuangan bagi partai politik merupakan langkah untuk membangun parpol yang modern sebagai pilar demokrasi di Indonesia, maka bantuan keuangan tersebut dapat dikelola secara profesional, transparan, dan akuntabel.

Olehkarenanya, Bupati Erlina menekankan
kepada 10 partai politik wajib menyampaikan laporan pertanggung jawaban penerimaan dan pengeluaran bantuan keuangan yang bersumber dari APBD kepada BPK secara berkala 1 tahun sekali untuk diberikan paling lambat 1 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Dengan demikian BPK mempunyai peran dalam mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan terbuka. Terutama soal akuntabilitas pengelolaan keuangan masing-masing partai politik yang mendapat kursi di DPRD Kabupaten Mempawah pada Pemilu 2019, sehingga dapat dipertanggungjawabkan,” pungkas Bupati Erlina dengan tegas. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *