Kabar Baik! Pemprov Kalbar Lanjutkan Pembangunan Ruas Jalan Binjai Hulu – Ketungau Hulu

  • Whatsapp
Melkianus, Anggota DPRD Sintang

LensaKalbar – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) dibawah kepemimpinan Gubernur Sutarmjdji, terus mendorong pembangunan infrastruktur akses jalan.

Salah satunya pada pembangunan ruas jalan Binjai Hulu – Ketungau Hilir – Ketungau Tengah – Ketungau Hulu. Ruas jalan ini menghubungkan empat kecamatan di Kabupaten Sintang.

Ruas jalan ini menjadi salah satu prioritas Pemprov Kalbar. Mengingat jalan ini merupakan penghubung utama menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sungai Kelik di Kecamatan Ketungau Hulu.

Kondisi terkini, pengerjaan ruas jalan itu baru sampai di Kecamatan Binjai Hulu. Sebelum pengerjaan, kondisi jalan ini hanya berupa jalan tanah. Dan beberapa segmen terdapat kubangan menyulitkan bagi pengendara, terlebih dalam kondisi hujan. Jalan ini termasuk mobilitas kategori tinggi karena menjadi akses utama menuju Kota Sintang maupun kawasan perbatasan di Ketungau Hulu.

Pembangunan yang dilakukan secara bertahap ini tentunya mendapat apresiasi dari kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang.

“Sekarang kita bisa lihat ya, dari Desa Simba hingga pusat Kecamatan Binjai Hulu sudah dibangun bahkan ruas jalannya lebar dan beraspal. Tentunya, kondisi ini patut kita syukuri karena perhatian pemerintah Provinsi Kalbar, khusus kepada Sintang begitu banyak,” ujar anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Melkianus.

Meskipun, ungkap Melkianus, ada beberapa jembatan yang kondisinya belum diperbaiki. Tetapi pemerintah daerah menyambut baik pembangunan jalan yang dilakukan Pemprov Kalbar ini, mengingat infrastruktur jalan dan jembatan di kabupaten ini masih jauh tertinggal bila dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya.

“Kalau tidak salah saya, pembangunan jalan ini akan sampai ke Kecamatan Ketungau Hulu. Ini dibangun oleh Pemprov Kalbar. Tahun ini juga, kembali dilanjutkan pembangunannya,” kata Melkianus.

Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) mengungkapkan, bahwa Pemprov Kalbar pada tahun anggaran 2022 ini menggelontorkan Rp16 miliar untuk melanjutkan pembangunan ruas jalan yang di mulai dari Kecamatan Binjai Hulu hingga ke Ketungau Hulu nantinya.

Olehkarenanya, Melkianus berharap pembangunan ruas jalan yang dilakukan Pemprov Kalbar ini dapat terus dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya, sehingga ruas jalan ini ke depannya dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat di empat kecamatan tersebut.

Pembangunan ini juga, sambung Melkianus, akan memberikan dampak besar, terutama pada perputaran ekonomi masyarakat setempat, karena infrastruktur jalan merupakan kebutuhan dasar yang mesti terpenuhi guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Ya, kita harapkan tahun berikutnya pembangunan ruas jalan penghubung empat kecamatan ini tetap dilanjutkan Pemprov Kalbar,” pungkas Melkianus, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Binjai Hulu – Kecamatan Ketungau Hilir – Kecamatan Ketungau Tengah – Kecamatan Ketungau Hulu ini. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *