Jembatan dari Serawai ke Ambalau Banyak Rusak, Minta Pemerintah Segera Perbaiki

  • Whatsapp
Zulkarnain, Anggota DPRD Sintang

LensaKalbar – Pemerintah Kabupaten Sintang diharapkan segera menangani beberapa titik jembatan dari Kecamatan Serawai menuju Kecamatan Ambalau. Ini penting karena kondisinya banyak lapuk dan roboh, sehingga menghambat aktivitas masyarakat.

“Ada yang roboh dan ada yang sudah tudak layak dilalui jembatan dari Serawai menuju Ambalau. Tolong lah ini diperhatikan pemerintah daerah,” ucap Zulkarnain, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, kemarin.

Menurut Zulkarnain, kewenangan infrastruktur jalan maupun jembatan dari Serawai menuju Ambalau merupakan kewenangan pemerintah daerah. Artinya, Pemerintah Kabupaten Sintang bertanggungjawab atas ruas jalan ini.

“Ini kewenangannya kabupaten, tentunya pemerintah sintang dapat lebih memperhatikan kondisi ini, kasian masyarakat kita di pedalaman ini,” ungkap Zulkarnain.

Zulkarnain tidak memungkiri, bahwa keuangan negara mengalami keterbatasan untuk melakukan pembangunan, namun pemerintah diharapkan dapat membuat perencanaan dan skala prioritas, sehingga beberapa titik jembatan dari Serawai menuju Ambalau ini diperbaiki.

“Kalau kemarau iya, mungkin bisa dilalui meskipun dengan kondisi yang tak layak. Tapi kalau sudah musim penghujan, jalan maupun jembatan sulit dilalui, karena hancur seperti bubur,” beber Zulkarnain.

Selain itu, ungkap Zulkarnain, perusahaan perkebunan memang ada ikut andil melakukan perawatan dan perbaikan ruas jalan menuju Serawai dan Ambalau. Tapi itu masih belum cukup, karena panjang jalan dari Serawai ke Ambalau itu kurang kebih 40 Km.

“Tentu ini harus jadi perhatian dari pemerintah sintang. Karena kalau mengandalkan perusahaan, mereka hanya melakukan perawatan dan perbaikan ruas yang sering dilalui saja, sementara panjang jalan kita sampai Ambalau itu kurang lebih 40 km,” ungkap Zulkarnain.

Olehkarenanya, Zulkarnain berpendapat bahwa pemerataan pembangunan dari semua sektor perlu dilakukan, tidak hanya soal infrastruktur jalan dan jembatan saja, tapi sektor lainnya juga perlu diperhatikan. Ihwal ini penting, sebab akan berdampak pada perputaran roda perekonomian dan peningkatan kesejahteraan rakyat, khsusnya masyarakat yang tinggal di wilayah pedalaman seperti Serawai dan Ambalau ini.

“Nah, inilah harapan yang dapat kami sampaikan kepada pemerintah daerah, karena masyarakat begitu mendambakan ruas jalan dan jembatan yang layak untuk akses mobilitas mereka sehari-harinya,” pungkas wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau ini. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *