Dorong Pemerintah Bangun Taman Bermain Anak dan Fasilitasnya

  • Whatsapp
Hikman Sudirman, Ketua Komisi B DRPD Sintang

LensaKalbar – Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman mendorong agar pemerintah daerah membangun tempat atau lahan bermain khusus untuk anak-anak.

“Harus ada ruang publik seperti taman anak-anak untuk tempat mereka bermain-main,” kata Hikman Sudirman menyarankan, Kamis (23/6/2022).

Menurut politisi Partai Demokrat (PD) ini, taman bermain khusus anak mesti dibangun sebagai bentuk perlindungan terhadap anak-anak sesuai dengan amanah Undang-Undang (UU) Perlindungan Anak.

Meskipun, diakuinya, Sintang ada beberapa taman yang sudah dibangun, namun fasilitas untuk anak bermain masih minim.

“Tentunya ini menjadi perhatian kita bersama, sehingga dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak baik secara fisik, psikis, intelektual, sosial, moral, emosional, dan pengembangan bahasa mereka,” tutur Hikman Sudirman.

Hikman Sudirman mengambil contoh di Kota Pontianak. Ruang publik yang dilengkapi dengan fasilitas bermain untuk anak-anak tampak terlihat rapi dan tertata dengan baik.

“Ini bisa kita lihat Kota Pontianak misalnya. Ruang publik yang dilengkapi dengan taman bermain anak serta fasilitas begitu banyak, dan penataan jalur trotoar kota itu juga terlihat baik dan rapi,” ungkap Hikman Sudirman.

Olehkarenanya, Hikman Sudirman berharap pemerintah daerah memberikan perhatianĀ  dalam memanfaatkan dan mengoptimalkanĀ  ruang publik di kabupaten ini, sehingga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat secara umum.

“Antusias anak untuk bermain di ruang publik cukup tinggi, contohnya di Taman Entuyut ya. Kalau kita lewat sore anak-anak mulai terlihat ramai bermain bahkan sampai malam. Begitu juga dengan Taman Bungur yang ada di depan Pendopo Bupati Sintang juga ramai. Sayangnya taman untuk bermain anak ini masih minim fasilitas,” ujar Hikman Sudirman.

“Taman bermain yang dilengkapi fasilitas khusus anak sangat penting, mengingat anak membutuhkan tempat bermain dan beraktivitas yang aman, nyaman, terlindungi dari kekerasan, diskriminasi, dan hal membahayakan lainnya,” pungkas wakil rakyat Dapil Kayan Hilir-Hulu ini. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *