Pengelolaan Sampah Mesti Dilakukan dengan Baik

  • Whatsapp
H Senen Maryono, Anggota DPRD Sintang

LensaKalbar – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono mendorong Pemerintah Kabupaten Sintang melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengambil tindakan yang benar-benar ampuh dalam penanganan serta pengelolaan sampah.

Pasalnya,menurut Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, aktifitas perekonomian yang semakin tinggi memicu pertambahan sampah atau sisa buangan dari suatu produk atau barang yang sudah tidak digunakan lagi yang menjadi signifikan.

“Sampah saat ini semakin banyak, karena penduduk kita pada saat ini semakin hari juga semakin bertambah. Untuk itu, OPD terkait mesti melakukan pengelolaan sampah tersebut dengan baik agar tidak sampai menjadi masalah dikemudian hari,” kata Senen Maryono saat ditemui sejumlah awak media di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang, baru-baru ini.

Apalagi, lanjut Senen Maryono, jika sampah-sampah yang dibuang sembarangan dan tidak tertangani dengan baik juga terkadang menimbulkan dampak bagi kesehatan. Imbasnya, ini bisa menimbulkan berbagai penyakit yang dapat menyerang masyarakat.

Olehkarenanya, Senen menyarankan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk tetap optimal dalam sistem pengangkutan sampa, khususnya di dalam wilayah Kecamatan Sintang dan sekitarnya. Meskipun dengan keterbatasan sarana dan prasarana dalam tiap operasional pengangungkatan sampah.

Bicara persoalan sampah di kabupaten ini, tidak akan ada habis-habisnya. Karena menurut Senen, yang terlihat ini baru di wilayah perkotaan. Belum lagi di tingkat desa.

“Di beberapa desa sudah mulai banyak tumpukan sampah yang menggangu, baik itu dari segi keindahan maupun kesehatan. Karena banyaknya sampah yang tidak dipisahkan sesuai aturan persampahan, sehingga membuatnya membusuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap,” tuturnya.

Karena itu, Senen berharap semoga persoalan sampah menjadi perhatian yang serius bagi pemerintah daerah melalui OPD terkait untuk dapat mengatasi persoalan sampah ini di kabupaten ini. (Dex) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *