GTRA Summit 2022, Bupati Erlina Kunjungi Kampung Mola di Wakatobi

  • Whatsapp
Bupati Mempawah, Hj Erlina mengunjungi Kampung Mola di Pulau Wangiwangi atau Wanci di Kabupaten Wakatobi, Kamis (9/6/2022)

LensaKalbar – Masih dalam rangkaian acara Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022, Bupati Mempawah, Hj Erlina turut mengunjungi Kampung Mola di Pulau Wangiwangi atau Wanci di Kabupaten Wakatobi, Kamis (9/6/2022).

Kampung Mola dihuni oleh Suku Bajo yang merupakan tempat yang akan dikunjungi Presiden RI Joko Widodo untuk membagikan sertifikat Hak Guna Bangunan, setelah membuka Pertemuan Puncak Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit di Wakatobi.

Bupati Erlina yang hadir mewakili ASPEKSINDO (Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia) turut berbahagia atas momen tersebut.

Menurut orang nomor satu di Bumi Galaherang ini, Indonesia yang memiliki panjang garis pantai 108.000 km, dengan jumlah pulau kurang lebih 17.504 tentunya juga banyak ditinggali oleh masyarakat dengan berbagai sub suku dan bahasa.

Selain itu, untuk mendapatkan kepastian hukum atas hak milik masyarakat setempat, tentunya memerlukan regulasi yang mengatur bangunan pemukiman di pesisir pantai, dan pemukiman masyarakat pesisir yang mana rata-rata dianggap ilegal.

“Dengan terbitnya sertifikat ini tentunya akan ada kebanggaan secara sosial bahwa mereka yang tinggal di pesisir pantai mendapat pengakuan dari negara. Selain itu sertifikat tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai akses permodalan untuk mengembangkan usaha,” pungkas Bupati Erlina. (Dex) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *