Wujudkan Kota Ramah Pejalan Kaki dan Pejogging

  • Whatsapp

LensaKalbar – Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menjadikan Pontianak sebagai kota sport city diwujudkan dengan membangun trotoar sepanjang Jalan Ahmad Yani untuk memfasilitasi warga yang gemar olahraga jogging. Pembangunan tersebut dilaksanakan secara berkelanjutan. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan, trotoar sepanjang Jalan Ahmad Yani hingga arah batas kota akan dituntaskan tahun ini. Keberadaan trotoar ini juga menjadi sarana bagi para pejogging maupun pejalan kaki agar lebih aman dan nyaman saat melakukan aktivitasnya di jalan raya.

“Kita ingin mewujudkan Pontianak sebagai kota yang ramah bagi pejalan kaki dan pejogging,” terangnya usai melepas peserta Ibis Charity Run 2022 di halaman Hotel Ibis Pontianak, Sabtu (26/3/2022).

Kemudian, lanjut dia, pembangunan trotoar akan dilanjutkan dari depan dealer Suzuki Jalan Ahmad Yani hingga ke Jalan S Parman. Begitu pula Jalan MT Haryono dan Sutoyo akan dibangun trotoar yang lebar. Ia berharap Kota Pontianak lebih hijau dan teduh dengan pepohonan yang didukung pelebaran trotoar di sisi kiri-kanan jalan. Dengan begitu, warga yang melakukan aktivitas maupun jogging melewati trotoar akan merasa nyaman dan teduh.

“Kita harapkan kota ini semakin baik, kalau siang semakin teduh dengan pepohonan, dan malam terang-benderang dengan lampu penerangan,” ungkapnya.

Lanjutan pembangunan waterfront juga tengah dikerjakan mulai dari Kapuas Indah hingga Pelabuhan Senghie. Tahun ini bakal dituntaskan seiring dengan dibangunnya Mal Pelayanan Publik di kawasan Pasar Kapuas Indah. Waterfront juga bisa dimanfaatkan warga yang ingin berolahraga jogging dengan suasana tepian Sungai Kapuas.

“Dengan demikian semakin banyak pilihan bagi masyarakat untuk tempat berolahraga terutama jogging,” kata Edi.

Ia juga berpesan kepada warga Pontianak untuk rutin melakukan aktivitas olahraga setidaknya pada akhir pekan atau weekend. Dengan aktivitas olahraga tersebut akan menjadikan tubuh sehat dan bugar serta membantu meningkatkan imunitas tubuh. Dirinya menyambut baik dengan semakin banyaknya komunitas-komunitas runner di Kota Pontianak.

“Kita berencana menggelar Pontianak City Run pada Oktober nanti. Kemudian juga triathlon, yakni kompetisi yang memadukan tiga cabang olahraga yaitu renang, balap sepeda dan lari,” imbuhnya. (prokopim/LK1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *