TPA Bentuk Kolaborasi Masyarakat dengan Pemkot Bangun SDM

  • Whatsapp

LensaKalbar – Kehadiran lembaga pendidikan non formal seperti Taman Pendidikan Al Quran (TPA) sangat membantu dalam membentuk karakter anak-anak. Satu diantaranya TPA Masjid Darul Muttaqien Kelurahan Sungai Jawi Dalam Kecamatan Pontianak Barat yang diresmikan oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono ditandai dengan penandatanganan prasasti, Jumat (18/3/2022).

“Saya memang fokus pada sektor pendidikan karena anak-anak kita harus sekolah dan harus pintar sebagai generasi penerus pembangunan,” ujarnya yang juga selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pontianak.

Keberadaan TPA tersebut sebagai bentuk kolaborasi antara masyarakat dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM). Edi bilang, kolaborasi antara masyarakat dengan pemerintah sangat diperlukan agar kemajuan yang ingin dicapai bisa lebih cepat.

“Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan bisa mencetak SDM yang unggul, beriman, berakhlak mulia, cerdas dan mandiri,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini jumlah masjid di Kota Pontianak tercatat 347 masjid. Dari jumlah tersebut, ada beberapa diantaranya yang bisa menjadi role model atau masjid percontohan. Masjid-masjid yang ada tersebut kian berkembang dengan bertambahnya jamaah serta memberikan dampak terhadap perekonomian, terutama di lingkungan masjid termasuk keberadaan lembaga pendidikannya.

“Contoh dengan berdirinya TPA ini, setidaknya bisa menyerap tenaga kerja, mulai dari guru-gurunya hingga yang menyediakan makanan,” pungkasnya. (prokopim/LK1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *