Humas Pemkot Berbagi Pengalaman dengan Mahasiswa Untan

  • Whatsapp

LensaKalbar – Pejabat Fungsional Pranata Humas Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Kresna Kusumanegara berbagi pengalaman kehumasan dengan para mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Untan dalam Kuliah Bareng Praktisi 2022 dengan tema Communication In Trend : Impactful Digital World di Aula Magister Fisip Untan, Selasa (1/3/2022) pagi. Kresna menceritakan bagaimana Prokopim di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dapat meraih banyak penghargaan nasional dan nama Kota Pontianak dikenal banyak orang.

Dalam strategis kehumasan, Prokopim Pontianak terus mengikuti perkembangan teknologi. Selain merangkul para jurnalis media massa, mereka juga fokus pada penyebarluasan informasi di media sosial. Salah satunya, lewat akun Instagram pemkot.pontianak yang kini telah memiliki 27,7 ribu pengikut.

“Kami terus mengembangkan kapasitas SDM yang ada untuk mengikuti perkembangan teknologi dan zaman. Saat ini, ruang digital memberi banyak kesempatan,” kata Kresna.

Perkembangan teknologi, terutama internet memang memotong jarak dan waktu. Prokopim Pontianak pun terus berupaya menyesuaikan diri. Kresna mencontohkan, alat kerja yang dulunya menggunakan recorder, kini langsung dengan ponsel. Mereka bekerja dengan standar media online dalam pembuatan rilis. Termasuk dalam mengejar kecepatan.

“Minimal, satu jam setelah agenda, press release sudah dipublikasikan dan disebar ke jaringan yang kami miliki termasuk ke media,” jelasnya.

Dalam pembuatan press release atau berita sebagai salah satu produk kehumasan, tidak hanya terpaku pada seremonial saja, tetapi dikemas sedemikian rupa untuk menarik minat para pembaca. Selain ditayangkan pada platform atau website resmi milik Pemkot Pontianak, berita tersebut juga dikemas untuk media sosial (medsos).

“Kami ingin menjangkau berbagai segmen agar informasi tersebut tersebar ke berbagai lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Prokopim Pontianak juga terus menjalin komunikasi dan relasi di semua media. Bagi mereka, keterbukaan informasi menjadi hal yang harus dijunjung tinggi. Tak heran, jika Pemkot Pontianak sering mendapat penghargaan sebagai Kota Terpopuler di Media Online.

“Kami berharap apa yang disampaikan bisa menambah wawasan kawan-kawan mahasiswa, terutama dari Ilmu Komunikasi yang punya penjurusan di jurnalistik dan kehumasan,” tutupnya. (prokopim/LK1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *