Budayakan Hidup Sehat dengan Germas

  • Whatsapp
Wakil Bupati Muhammad Pagi, saat mengikuti senam Germas, kemarin. Foto Ist

LensaKalbar – Membudayakan masyarakat hidup sehat, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Mempawah mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kegiatan yang dipusatkan di Halaman Kantor Camat Segedong itu dipimpin Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi.

Kampanye Germas di Kecamatan Segedong dilaksanakan melalui kegiatan senam massal yang diikuti Wabup, Ketua PKK Kabupaten Mempawah, Camat, beserta jajaran Muspika Segedong, guru dan masyarakat di Kecamatan Segedong berjumlah seratusan orang.

Di hadapan masyarakat peserta senam massal, Wabup mengatakan mengenai pentingnya disiplin menerapkan pola hidup sehat. Sebab, diingatkan dia bahwa kesehatan menjadi bagian penting dalam proses kehidupan manusia.

“Kesehatan menjadi hal penting dalam kehidupan manusia. Jika kita sehat, maka berbagai aktivitas dan kegiatan bisa dilakukan dengan baik dan lancar. Sebaliknya, jika sakit maka semua kegiatan terbengkalai,” kata Wabup.

Karena itu, menurut dia, Pemerintah Kabupaten Mempawah memberikan perhatian serius terhadap persoalan kesehatan. Di samping meningkatkan pelayanan kesehatan, pemerintah daerah, juga mengampanyekan disiplin hidup sehat bagi masyarakat.

“Melalui Germas, kami ingin masyarakat Kecamatan Segedong hidup sehat dan berkualitas. Untuk itu, mari sejak dini kita berkomitmen menerapkan Germas dengan maksimal dan penuh disiplin,” ajaknya.

Wabup menjelaskan Germas terdiri dari tujuh langkah gerakan hidup sehat. Yakni, dijelaskan dia, melakukan aktivitas fisik, budayakan konsumsi buah dan sayuran, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

“Berikutnya, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban. Diharapkan, masyarakat berkomitmen menerapkan langkah-langkah hidup sehat tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” papar Wabup.

Ke depan, Wabup berpesan agar Germas dapat direalisasikan dan terapkan masyarakat dengan penuh disiplin dan kesadaran. Sehingga, tujuan program Germas, diharapkan dia, dapat terealisasi maksimal dilingkungan masyarakat Kecamatan Segedong.

“Berhasil atau tidaknya Germas tergantung dari disiplin dan komitmen masyarakat itu sendiri. Karena itu, kami mengharapkan dukungan dan kerjasama masyarakat Kecamatan Segedong untuk menerapkan Germas dengan sebaik mungkin,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *