Wabup Ajak Forum TJSP Bersinergi untuk Pembangunan Mempawah

  • Whatsapp
H Muhammad Pagi, Wakil Bupati Mempawah

LensaKalbar – Pemerintah Kabupaten Mempawah berharap perusahaan bersama Forum Pelaksana TJSP dapat bersinergi mendukung realisasi program pembangunan di masyarakat. Karena itu, pemerintah daerah telah mengusulkan sejumlah kegiatan pembangunan yang dapat disinergikan melalui dana CSR perusahaan.

“Pemerintah Kabupaten Mempawah telah mengusulkan beberapa program pembangunan di masyarakat. Pembangunan ini bisa direalisasikan dengan kolaborasi CSR perusahaan melalui forum pelaksana TJSP Kabupaten Mempawah,” ungkap Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi dalam kegiatan workshop CSR dan sosialisasi kebijakan kelautan dan nelayan, Rabu (8/9/2021) di Rumah Adat Budaya Melayu Mempawah.

Program pembangunan tersebut, ungkap Muhammad Pagi berkaitan dengan sejumlah bidang masyarakat. Seperti, pembangunan dibidang infrastruktur, sosial budaya hingga pembangunan sektor perekonomian.

“Dibidang infrastruktur, kita mengusulkan pembangunan Penampungan Air Hujan (PAH), Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pengadaan lampu dan tiang lampu jalan, pembangunan drainase serta pembangunan sekat kanal dan sumur bor,” ungkap Wabup.

Kemudian, lanjut dia, bidang sosial budaya menyangkut pembangunan WC sekolah, WC keluarga mandiri ODF, pengembangan wisata bahari, pembinaan dan pemberdayaan serta produksi ekraf serta pelatihan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata di Kabupaten Mempawah.

“Terakhir, kami mengusulkan pembangunan bidang ekonomi yang  mencakup penyediaan alat tangkap ikan bagi nelayan, budidaya perikanan, pemberdayaan nelayan tradisional, pelatihan tenaga kerja serta bantuan modal usaha bagi UKM di Kabupaten Mempawah,” paparnya.

Untuk itu, Wabup mengintruksikan OPD terkait khususnya Ketua Forum Pengelola TJSP dan Bappeda agar melaksanakan koordinasi dan bersinergi bersama perusahaan yang ada di Kabupaten Mempawah.

“Sehingga, forum pengelola TJSP dan perusahaan dapat merumuskan program jangka pendek dan jangka panjang serta dapat direalisasikan secara efektif dan efisien,” harapnya.

Lebih dari itu, Wabup minta agar seluruh pihak terkait dapat menyatukan persepsi demi terciptanya pembangunan yang berkesinambungan dan berkelanjutan di masyarakat Kabupaten Mempawah. Koordinasi dan sinergitas akan menghindari terjadinya tumpang tindih alokasi program CSR di masyarakat.

“Mudah-mudahan berbagai program pembangunan yang diusulkan ini dapat diaplikasikan dengan maksimal dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah dimasa mendatang,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *