Inventarisir Aset

  • Whatsapp
 Bupati Mempawah, Hj Erlina membuka kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa. Foto Ist
banner 468x60

LensaKalbar – Mengoptimalkan kinerja dan tata kelola pemerintahan desa, Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa dalam pengelolaan aset desa se-Kabupaten Mempawah tahun 2021. Kegiatan yang dibuka Bupati, Erlina itu dipusatkan di Hotel Ibis Pontianak, Senin (30/8/2021).

Pelatihan yang digagas oleh Bidang Pemerintahan Desa, Dinsos-PPPAPMPD Kabupaten Mempawah berlangsung selama 3 hari. Pesertanya seluruh Kepala Desa (Kades) beserta aparaturnya.

“Pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman mengenai perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, pengamanan, pemeliharaan, penghapusan, pemindahtanganan, penatausahaan aset desa. Agar, terwujud tata kelola aset desa yang baik,” kata Bupati Erlina dalam sambutannya.

Disamping itu, Bupati Erlina, pelatihan juga dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik bagi kades dan perangkat desa berkaitan dengan aturan hukum sebagaimana telah ditetapkan melalui Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 34 tahun  2021 tentang pengelolaan aset desa.

“Aset desa yang dikelola secara optimal dapat menjadi potensi sebagai sumber pendapatan atau pembiayaan pelaksanaan pemerintahan desa. Namun, tujuan utamanya tetap pada peningkatan kualitas pelayanan publik dan taraf hidup masyarakat desa,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Erlina mengingatkan Kades beserta perangkatnya agar dalam pengelolaan aset desa disesuai dengan asas fungsional, kepastian hukum, keterbukaan, efisiensi, akuntabilitas dan kepastian nilai.

“Maka pemerintah desa harus mempersiapkan aparaturnya untuk menghadapi perubahan, serta mendorong pelaksanaan tata kelola aset desa yang baik agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” pesannya.

Bupati Erlina menyebut, Kepala Desa bersama perangkatnya merupakan pemegang kekuasaan pengelolaan aset daerah sekaligus ujung tombak dalam penggunaan aset itu sendiri. Karenanya, sangat penting mendapatkan pembekalan pengetahuan agar tidak salah dalam membuat kebijakan berkaitan dengan penggunaan aset.

“Karenanya, para peserta harus menyimak dengan sungguh-sungguh materi yang disampaikan para pembicara dalam kegiatan pelatihan ini. Agar, para peserta dapat memahami dan menyerap informasi dan pengetahuan yang disampaikan dan nantinya dapat diaplikasikan dalam kinerja tata kelola pemerintahan desa,” harapnya.

Kedepan, Bupati Erlina mengintruksikan seluruh pemerintah desa di Kabupaten Mempawah agar dapat melaksanakan inventarisasi dan penertiban aset desa. Supaya, seluruh aset yang ada di desa terdata dengan baik.

“Saya minta agar seluruh desa di Kabupaten Mempawah melakukan inventarisir aset. Minimal bulan November  2021 sudah tuntas proses inventarisirnya. Saya ingatkan pula Kades agar menggunakan anggaran desa sebaik-baiknya. Uang rakyat harus direalisasikan dengan transparansi dan akuntabilitas,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *