Bupati Erlina Panen Padi Varietas Bestari

  • Whatsapp
Panen padi. Foto Ist
banner 468x60

LensaKalbar – Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) bekerjasama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) berhasil memproduksi bibit unggul padi varietas bestari.

Panen padi yang digarap Kelompok Tani (Poktan) Subur di Kelurahan Anjongan Melancar, Kecamatan Anjongan itu dibuka Bupati Mempawah, Hj Erlina, Jumat (27/8/2021).

“Alhamdulillah, kita bisa melaksanakan panen padi lokal varietas bestari hasil penelitian DPKPP dan Batan. Ini merupakan prestasi dan pencapaian yang sangat luar biasa,” ujar Bupati Erlina.

Bupati Erlina mengatakan, keberhasilan produksi padi lokal varietas bestari ini buah kerja keras semua pihak yang sejak dua tahun belakangan ini melakukan inovasi dan ujicoba hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

“Dalam dua tahun, varietas bestari telah menghasilkan padi sebanyak 68 ton per hektare. Artinya, produksi padi varietas bestari sangat menjanjikan bagi peningkatan produksi padi lokal dan kesejahteraan petani di Kabupaten Mempawah,” katanya.

Karena itu, Bupati Erlina memastikan Pemerintah Kabupaten Mempawah mendukung penuh dan mendorong agar penggunaan bibit unggul varietas bestari dapat terus dilaksanakan dan dikembangkan dilapangan. Agar, semakin banyak petani yang menggunakan varietas tersebut.

“Jangan berpuas diri dengan pencapaian yang ada. Melainkan terus dikembangkan lagi agar mencapai hasil yang lebih optimal. Mudah-mudahan kedepan bisa digunakan oleh seluruh petani di Kabupaten Mempawah,” harapnya.

Lebih jauh, Bupati Erlina mendambakan angka produksi padi lokal di Kabupaten Mempawah semakin meningkat. Agar, status Kabupaten Mempawah sebagai lumbung padi di Kalbar bisa kembali disandang seperti beberapa tahun lalu.

“Dulunya Kabupaten Mempawah dikenal sebagai salah satu daerah lumbung padi di Kalbar. Nah, dengan adanya padi varietas bestari ini semoga Mempawah dapat kembali menjadi daerah lumbung padi di Kalbar khususnya bahkan nasional,” tegasnya.

Masih dalam kesempatan itu, Bupati Erlina memotivasi para petani agar semakin giat dalam bercocok tanam. Sebab, Bupati Erlina meyakini sektor pertanian di Kabupaten Mempawah akan semakin maju dan berkembang sehingga dapat memberikan tingkat kesejahteraan yang lebih baik bagi petani dimasa mendatang.

“Insya Allah, segala sesuatu yang kita kerjakan dengan sungguh-sungguh dan maksimal akan membuahkan hasil yang baik. Karena itu, kami mendorong dan memotivasi petani Poktan Subur dan seluruh petani di Kabupaten Mempawah agar terus meningkatkan kinerja,” pesannya.

Bupati Erlina memastikan Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui berbagai program kerja strategisnya berupaya maksimal memberikan dukungan kepada para petani untuk meningkatkan produksi pertanian. Salah satunya dengan menyediakan alat mesin pertanian (alsintan) dan fasilitas pendukung lainnya.

“Semaksimal mungkin kita siapkan anggaran untuk menyediakan alsintan dan perangkat lainnya. Namun, keterbatasan anggaran hingga ketersediaan fasilitas pertanian ini direalisasikan secara bertahap,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *