Mempawah Komitmen Lindungi Hak Anak

  • Whatsapp
banner 468x60

LensaKalbar – Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2021, Kamis (26/8/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Rumah Melayu Mempawah tersebut di buka langsung Bupati Mempawah, Hj Erlina.

“Peringatan HAN 2021 sebagai wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap Perlindungan Anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak,” kata Bupati Erlina.

Menurut Bupati Erlina, upaya perlindungan tersebut sebagai upaya menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas dan ceria. Bahkan, pemerintah melalui peraturan perundang-undangan memberikan jaminan hidup bagi anak agar tumbuh dan berkembang serta aman dari segala bentuk ancaman.

“Pasal 28b ayat (2) UUD Republik Indonesia tahun 1945 dan UU nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak telah mengamanatkan pemerintah untuk melakukan segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak atas hak-haknya agar dapat hidup tumbuh dan berkembang berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan,” ujarnya.

“Serta memberikan jaminan perlindungan bagi anak dari berbagai bentuk kekerasan dan diskriminasi. Sehingga anak Indonesia umumnya dan Kabupaten Mempawah dapat menjadi generasi yang berkualitas,” tambahnya.

Bupati Erlina menjelaskan, berdasarkan Kepres nomor 44 tahun 1984 mengamanatkan peringatan HAN diselenggarakan setiap tanggal 23 Juli baik ditingkat pusat maupun daerah serta perwakilan di luar negeri.

“HAN menjadi momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa dalam menjamin pemenuhan hak anak. Dengan mengangkat tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju dengan #Anak_Peduli_Dimasa_Pandemi,” paparnya.

Tema tersebut, sambung Bupati Erlina sebagai motivasi kepada seluruh stakeholder agar pandemi tidak menyurutkan semangat dan komitmen untuk melaksanakan HAN di Kabupaten Mempawah tanpa mengurangi makna sesungguhnya.

“Anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis. Anak mempunyai ciri dan sifat khusus yang memerlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik mental dan sosial secara utuh,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial, PPPAPMPD Kabupaten Mempawah, Burhan menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk melaksanakan peringatan HAN 2021 sebagai salah satu program bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Rangkaian peringatan HAN 2021 dimulai dengan kegiatan Forum Anak Daerah (FAD) pada 24-26 Maret 2001 di MCC Mempawah. FAD diikuti 50 orang anak dari seluruh kecamatan di Kabupaten Mempawah serta menetapkan Ketua FAD dan 4 duta yakni, Duta Kesehatan, Duta Pendidikan, Duta Partisipasi dan Duta Perlindungan,” bebernya.

Terkait pandemi, Burhan menyebut kegiatan FAD tingkat provinsi dan nasional masih belum dipastikan jadwal pelaksanaannya. Meski demikian, FAD Kabupaten Mempawah tetap berkontribusi dengan menyampaikan aspirasi anak melalui suara anak Kabupaten Mempawah yang dibacakan dan diserahkan kepada Bupati Mempawah.

“Kegiatan lain yang telah dilaksanakan seperti, pelatihan pelopor dan pelapor (2P) yang diadakan Dinas PPAPP Provinsi Kalbar serta kegiatan berbagi takjil pada bulan suci Ramadhan 1440 H lalu,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *