Magang 3 dan KKM, IKIP PGRI Kembalikan 37 Mahasiswa ke Daerah Asalnya

  • Whatsapp

LensaKalbar – Sebanyak 37 mahasiswa IKIP PGRI kembali ke daerah asalnya untuk menyelesaikan “Magang 3 dan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Mempawah, Kamis (29/7/2021).

Prosesi serah terima mahasiswa itu berlangsung di Wisma Chandramidi Mempawah antara Wakil Rektor 2 Institut Keguruan Ilmu Pendikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP PGRI) Pontianak, Muhammad Firdaus dengan Bupati Mempawah, Hj Erlina.

“Intinya program Magang 3 ini, mahasiswa dikembalikan berdasarkan daerah asal. Tujuannya, agar mahasiswa mengingat kembali asal usul dan terpanggil untuk membangun daerahnya sesuai bidang dan kemampuannya masing-masing,” ungkap Koordinator Magang IKIP PGRI Pontianak, Henry Maksum.

Untuk Program Magang 3 tahun ini, ungkap dia, ada 37 mahasiswa yang ditempatkan di enam sekolah di Kabupaten Mempawah. Yakni SMA Negeri 1 Anjongan, SMP Negeri 1 Siantan, SMA Negeri 2 Mempawah Hilir, SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh, SMP Negeri 1 Toho dan SMA Negeri 1 Toho.

“Selain enam sekolah itu, ada lima kecamatan yang akan menjadi lokasi sasaran KKM. Setiap sekolah ditempati oleh lima mahasiswa dengan program studi (prodi) yang berbeda,” ungkapnya.

Terkait situasi pandemi yang masih melanda negara ini, maka proses pergaulan mahasiswa selama dua tahun ini diterapkan online dan offline. Begitu pula dalam proses Program Magang 3 dan KKM yang nantinya akan selalu berkonsultasi, berkomunikasi dan memohon bimbingan dari guru pamong, juga digelar dengan luring atau daring.

Wakil Rektor 2 IKIP PGRI Pontianak, Muhammad Firdaus, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mempawah, khususnya Bupati Erlina atas dukungan yang diberikan kepada IKIP PGRI Pontianak dalam pelaksanaan Program Magang 3 dan KKM.

Kepada para mahasiswa, Muhammad Firdaus berpesan agar melaksanakan Program Magang 3 dan KKM sebaik-baiknya.

“Berikan suri tauladan yang baik kepada semua orang. Adik-adik mahasiswa adalah cerminan IKIP PGRI Pontianak di masyarakat, khususnya di Kabupaten Mempawah,” imbuhnya.

Bupati Mempawah, Hj Erlina menyambut baik kedatangan 37 mahasiswa IKIP PGRI Pontianak untuk melaksanakan Magang 3 dan KKM di Kabupaten Mempawah.

Ia berharap, di tengah pandemi, para mahasiswa tetap semangat melaksanakan tugas mata kuliahnya.

“Adik-adik mahasiswa ini adalah kader-kader muda terbaik di Kabupaten Mempawah. Mari kita tetap semangat dan selalu optimis untuk membangun daerah dan mencerdaskan anak bangsa,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *